Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Juli 30, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Hentikan Kebiasaan Menahan Pipis

Topcareer.id Tanggung karena pekerjaan belum kelar, sementara atasan menunggu report kamu. Atau tak enak keluar ruangan di tengah meeeting penting. Padahal alam sudah memanggil alias kamu kebelet pipis. Sekali dua kali tak masalah nahan pipis.

Terbiasa menahan pipis, awas. Ada dampak buruknya sebagaimana dilansir Msn.com.

Buang air kecil atau pipis kegiatan normal. Bahkan, bisa pipis menimbulkan kepuasan tersendiri. Kebelet pipis normalnya muncul apabila terdapat rangsangan pada otot penyangga kandung kemih. Saat volume urine mencapai 300-500 ml, timbullah rangsangan yang dikirim lewat saraf dan otot sphincter yang terdapat pada kandung kemih.

Lalu kandung kemih terbuka dan urine dikeluarkan. Nah, apabila ditahan urine akan reflux (mengalir kembali) ke bagian atas kandung kemih yaitu ureter.

dok. Msn

Kotoran masuk lagi ke tubuh
Jika terus terjadi maka air urine akan naik ke ginjal. Jadinya ginjal kelebihan air. Ini disebut hidronefrosis. Akibat buruk hidronefresis dapat menyebabkan gagal ginjal akut (tiba-tab) atau kronis (menahun). Dengan menahan kencing pula, urine yang berisi sisa metabolisme tubuh, amonia, nitrat (zat organik dan non-organik) yang tertahan dalam kandung kemih akan menjadi makanan bagi bakteri.

Selanjutnya bakteri tumbuh subur dan berkembang biak dalam tubuh. Perlu diingat, bakteri yang tumbuh di kandung kemih akan melakukan kontak dengan lapisan daklam kandung kemih lalu mengeluarkan suatu toksin yang dapat mengganggu saraf peregangan kandung kemih. Ini memicu sakit yang sering disebut anyang-anyangan. Anyang-anyangan bisa juga disebabkan dehidrasi. Bila minum air anyang-anyangan hilang, maka penyebabnya dehidrasi. Bila tidak, soalnya ada pada kebiasaan menahan pipis.

Kebiasaan menahan pipis menyebabkan infeksi saluran kemih bagian atas, lalu mencapai ginjal, dan masuk ke dalam darah. Ini disebut septikemia. Hal ini pula yang berujung menyebabkan infeksi.

Pada wanita, akan lebih sering terjadi infeksi saluran kemih daripada pria karena secara anatomi panjang uretra wanita lebih pendek. Makanya, buat kamu mulai sekarang hentikan kebiasaan menaha pipis.*

the authorAde Irwansyah

Tinggalkan Balasan