Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Pentingnya Sisi Autentik dalam Personal Branding

Topcareer.id Dalam menentukan personal image dan branding diri yang akan ditonjolkan, maka perlu ada yang namanya sisi autentik atau ciri khas. Ciri khas itu yang akan mempermudah orang lain mengenal personal branding kita meski hanya satu kali lihat.

Autentik dalam personal branding ini merupakan hal yang membedakan diri dengan yang lainnya, hal ini terkait visual image. Bagaimana kita membentuk tampilan diri agar lebih mudah diingat orang lain atau audience.

Hal itu seperti yang dijelaskan oleh Personal Image Consultant, Indah Warsetio. Autentik menjadi salah satu poin penting ketika seseorang ingin menentukan personal branding dalam diri.

“Autentik ini, bagaimana kita tampil dengan memiliki ciri khas, yang benar-benar mudah diingat dengan cepat oleh orang lain terutama target audience kita. Kita tidak harus membeli pakaian bermerk dengan harga yang sangat mahal,” kata Indah kepada TopCareer.id.

“Demikian juga dengan kosmetik, sepatu, parfum dan sebagainya. Kita hanya perlu tampil menarik, berbeda dan mudah diingat,” tambahnya lagi.

Personal Image Consultant, Indah Warsetio. [foto: Hilda Ilhamil Arofah/Topcareer.id]

Indah lantas memberikan contoh terkait sisi autentik dari seseorang yang akan mudah diingat orang banyak. Ia menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang lebih sering terlihat memakai kemeja putih dan digulung pada bagian lengannya.

Dari hal sederhana itu saja bisa tergambar bagaimana seorang Joko Widodo dalam mem-branding dirinya lewat ciri khas “kemeja putih.”

Berpenampilan yang menonjolkan ciri khas seperti itu juga dinilai bisa meningkatkan rasa percaya diri. “Tampil sesuai personality dan goals branding kita secara profesional akan membantu kita meningkatkan kepercayaan diri,” pungkas Indah yang juga bekerja sebagai Fashion Stylist.*

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply