Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Editor Ibarat Pesulap dari Dunia Film

Topcareer.id Banyak hal yang membuat sebuah film itu berakhir jadi layak tonton atau tidak. Salah satu yang krusial di tahap editing. Scene yang semula biasa saja, jika terkena sentuhan editing film, maka hasilnya bisa jadi luar biasa. Profesi editor inilah yang dianggap ibarat pesulap dunia film.

Bahkan, aktor yang ketika syuting tidak terlalu menonjol, bisa dibuat bersinar berkat editing film. Hal itu dituturkan oleh editor film kawakan Indonesia, Sentot Sahid. Editor film yang sudah melanglang buana di dunia perfilman ini menyebut bahwa tahap editing tak bisa disepelekan.

Ia sempat bercerita kepada TopCareer.id, ada satu kesempatan, seorang aktor meraih piala Oscar, kemudian maju ke panggung dan mengucapkan terima kasihnya kepada sang editor film.

Kenapa? Karena sebagai pemain (aktor) saja, bisa merasakan bahwa sang aktor di film itu betul-betul punya karakter kuat lantaran proses editing.

“Tahapan editing dibilang krusial karena bisa mengangkat semua lini, artinya bagian-bagian yang kurang maksimal misalnya di bidang akting, ditutupin. Kan prinsipnya editing adalah membuang yang tidak baik, memberikan yang baik lebih banyak,” ujar Sentot menjelaskan.

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply