Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, July 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini Peralatan Perang Wajib buat Disk Jockey

Topcareer.id Perbekalan tiap disk jockey (DJ) saat tampil berbeda-beda. Ada DJ yang nyaman membawa Compact Disc Jockey (CDJ) mereka sendiri, tapi ada juga yang cuma menyiapkan flashdisk untuk simpan lagu. Apa aja ya, perlengkapan yang setidaknya dibawa DJ kalau mau perform?

Menurut Sherly Silvi, salah seorang DJ, setidaknya keahlian yang dimiliki oleh Dj itu adalah mixing lagu. Ya, otomatis stok lagu yang banyak jadi senjata para DJ.

Flashdisk

Sherly bertutur, flashdisk jadi barang utama yang wajib dibawa ketika hendak tampil. Karena semua lagu yang akan dibawakan saat manggung, biasa dimasukkan dalam satu flashdisk tersebut. Jadi, nanti ketika perform tinggal “colok” ke alat CDJ saja, dan di-mixing.

Bahkan, kebanyakan DJ membawa 4 sampai 5 flashdisk ketika akan perform. Satu flashdisk yang dibawa rata-rata berkapasitas sampai 64 Gigabyte. Tuh, kebayang dong, berapa ratus lagu yang masuk ke satu flashdisk itu?

Nah, biar lebih memudahkan lagi, dalam flashdisk itu, Sherly sudah memisahkan lagu-lagu tersebut ke dalam folder yang berbeda-beda. Sherly mencontohkan, satu flashdisk berisi lagu opening ketika memulai perform, kemudian ada folder lagu top 40, ada pula lagu-lagu yang lebih keras.

“Intinya aku pisahin ke dalam folder-folder. Jadi kalau aku mau setel apa tinggal cari di foldernya, trus di-play saat mau mixing,” kata Sherly kepada TopCareer.id.

Leave a Reply