Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 27, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Efek Negatif Gunakan HP Sambil Kerja

Topcareer.id – Kehadiran handphone dengan perkembangan teknologinya yang semakin maju mendorong orang jadi banyak tergantung dan tidak bisa lepas dari mengoperasikan handphone. Dilansir dari polygrafi.wordpress.com Rabu (04/09/2019) penggunaan handphone di tempat kerja memiliki efek negatif bagi kinerja dan kualitas kerja karyawan. Ini bisa berbahaya bagi perkembangan karir.

Jika tidak dikontrol dengan benar bisa berpengaruh pada turunnya etos kerja karyawan. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Waterloo menyelidiki peran teknologi handphone, menemukan adanya harapan tinggi di tempat kerja untuk menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi melalui teknologi seperti handphone. Namun handphone dengan banyak fitur, aplikasi, sosial media dan games menciptakan terlalu banyak gangguan untuk menyeimbangkan dan menyelesaikan pekerjaan yang diperlukan di kantor.

Penelitian lain dari Laboratorium Interaksi Manusia-Komputer Universitas Carnegie Mellon menemukan pekerja kantor mendapat sekitar 11 menit gangguan dari handphone dan butuh waktu sekitar 25 menit untuk bisa kembali ke fokus kerja.

Terlalu sering bermain handphone di kantor juga bisa mempengaruhi perasaan karyawan menjadi tidak stabil. Saat bermain sosial media ataupun saling berkirim pesan melalui whatsapp tidak bisa saling bertatap muka dan bisa salah paham mengenai perasaan yang hendak disampaikan. Sebaiknya temui langsung rekan kerja atau gunakanlah telepon kantor untuk bicara dan mendengar langsung sehingga tidak salah paham dengan pesan yang disampaikan. Ada bahaya yang terkait langsung dengan masalah yang disebabkan oleh seringnya bermain sosial media menggunakan handphone di kantor.

Dahulu sebelum handphone ditemukan semua karyawan bisa membangun hubungan yang kuat dengan rekan kerja. Dan mereka bisa menyelesaikan pekerjaan tanpa tergantung pada teknologi handphone yang bisa mengganggu kinerja mereka. Berbeda dengan orang jaman sekarang yang sangat tergantung dengan handphone sehingga mudah sekali pekerjaannya terganggu oleh handphone. Akibatnya seringkali orang malah fokus bermain handphone ditempat kerja dan ini harus diatasi karena pengaruhnya bisa membuat kinerja menurun dan membuang-buang waktu.

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan