Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, September 20, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

8 Langkah Tingkatkan Konsentrasi Saat Kerja

Views

Topcareer.id – Apakah kamu pernah mengalami saat bekerja tiba-tiba kehilangan fokus dan konsentrasi? Fisik boleh berada di kantor, tapi pikiran tertinggal di rumah atau di tempat lain. Ini tentu memberi dampak tidak baik bagi pekerjaan kita. Lalu bagaimana cara untuk mengembalikan fokus kita? Dilansir dari Medium, Kamis (5/9/2019) berikut 8 cara untuk meningkatkan fokus.

Tetapkan tujuan yang jelas

Untuk melakukan itu kita harus menetapkan tujuan dengan jelas. Semakin banyak aktivitas berakar pada tujuan yang ingin kita capai, semakin mudah untuk fokus pada aktivitas itu.

Mulailah untuk fokus.

Tidak peduli seberapa besar kemampuan kamu agar fokus meningkat, kamu harus selalu mengusahakannya saat memulai kerja. Tidak apa-apa. Baru mulai. Cara yang sama ketika kamu mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan. Maka mulailah untuk fokus pada tujuan kamu.

Kosongkan pikiran dan isi ulang kembali

Pertimbangkan hal-hal yang perlu kamu lakukan, pilih mana yang tampaknya paling menarik atau mendesak. Sebelum kita memilih untuk fokus pada apa, ambil prioritas dan persempit ruang lingkup pekerjaan kita. Kemudian putuskan apa yang penting, yang mengganggu, dan singkirkan hal-hal yang mengganggu fokus kita.

Jadikan aktivitas kamu sebagai kebutuhan.

Lebih mudah untuk fokus pada apa yang kita butuhkan daripada yang kita inginkan. Karena itu akan menjadi keharusan dan ketika sesuatu menjadi keharusan, fokus itu mudah.

Kenali dunia pekerjaan kamu.

Jejaring sosial, hiburan, hingga iklan dirancang khusus untuk mencuri perhatian kita. Gangguan-gangguan ini adalah musuh kita untuk fokus sehingga kita harus melawan dan membuat parameter kita sendiri. Ketika tiba waktunya untuk fokus, kita dapat mematikan ponsel kita, mematikan email, mematikan TV, dan keluar dari kantor jika kita perlu apa pun.

Jangan melakukan banyak tugas.

Jangan berpikir multitasking akan membuat kita lebih produktif. Tidak. Melakukan banyak tugas, dan beralih bolak-balik dengan cepat di antara serangkaian tugas yang berbeda justru menghabiskan fokus dan membuat kita kurang produktif.

Berlatih.

Fokus adalah keterampilan yang membutuhkan latihan. . Jika kita berjuang untuk fokus hari ini, kita masih akan berjuang untuk besok, juga hari berikutnya. Tetapi, jika kita terus mengusahakannya, kemampuan itu akan meningkat.

Fokus pada target.

Kemampuan kita untuk menetapkan berbagai variasi fokus mempermudah kita untuk mengeksekusi. Jika kita tahu fokus kita untuk tahun ini, maka lebih mudah untuk memutuskan apa fokus kita untuk bulan itu, dan bulan-bulan selanjutnya serta semakin mudah untuk menentukan fokus harian kita.

Penulis: Melisa Fitri

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply