Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Oktober 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

SIMONAS, Platform Rekrutmen Talenta Digital

Dok. The Yogi Code

Topcareer.id Kementerian komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan platform national talent pool atau dikenal dengan SIMONAS. Platform ini bisa digunakan oleh pencari kerja untuk menemukan peluang kerja dan pelaku industri untuk mencari  talenta digital yang dibutuhkan.

Kini semua negara berlomba-lomba memperebutkan talenta-talenta hebat yang bisa membawa dampak positif dan kemajuan bagi negaranya. Itulah yang mendorong Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Badan Litbang SDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk membuat dan meluncurkan platform SIMONAS.

SIMONAS berfungsi untuk merekrut tenaga kerja sekaligus sebagai national talent pool yang dapat digunakan oleh kandidat pencari kerja dan perusahaan atau instansi yang memerlukan tenaga kerja. 

“SIMONAS seperti market place, sama seperti Bukalapak, Tokopedia, maupun platform jual beli lain, bedanya SIMONAS jual beli talent bukan barang. Dan ini gratis, sehingga perusahaan yang mendapatkan talent dari SIMONAS tidak harus membayar,” tutur Rudiantara, Menteri kominfo.

Dilansir dari kominfo.go.id Kamis (5/9/2019), SIMONAS dirancang untuk mempertemukan demand dan supply talenta digital sekaligus melengkapi ekosistem yang sudah ada selama ini.  Platform SIMONAS memungkinkan perusahaan untuk mengakses profil kandidat yang berisikan informasi pengalaman kerja, portfolio, skills yang dikuasai, hingga sertifikasi keahlian pencari kerja, sehingga memudahkan perusahaan untuk menyaring tenaga kerja kompeten. 

Selain itu, perusahaan dapat menggunakan SIMONAS untuk melakukan talent scouting berdasarkan skills, lokasi, sekolah atau universitas terakhir, tingkat pendidikan, tema pelatihan DTS yang diikuti, dan IPK. Terdapat fitur mail antara perusahaan dan kandidat untuk memudahkan komunikasi dalam proses rekrutmen. 

Jika selama ini, mayoritas platform rekrutmen kerja membebankan biaya pada perusahaan, SIMONAS memberikan akses gratis bagi perusahaan dan kandidat pencari kerja. SIMONAS dapat diakses melalui simonas.kominfo.go.id .*

Editor: Ade Irwansyah 

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan