Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, September 16, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Trik Perawat Lewati Shif Malam Agar Tetap Sehat

Views

Topcareer.id Perawat dituntut kerja shift hingga malam. Tapi masalahnya, kerja shift juga kadang melelahkan, kalau tidak bisa menyiasatinya bisa bahaya untuk kesehatan.

Perawat ICU dari Georgia Selatan, Sybille yang menangani bedah, medis, saraf, trauma dan kardio menyampaikan bahwa dirinya menyukai kerja shift malam, tapi butuh trik agar tubuhnya tetap bugar sebagai pelayan kesehatan.

“Salah satu hal favorit saya tentang shift malam, memiliki lebih banyak waktu untuk bertemu dan berbicara dengan perawat yang satu shift karena pasien perlu tidur sehingga akan ada downtime,” kata Sybille dalam laman Medium.

Menurutnya ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk bertahan hidup pada shift malam. Berikut adalah kiat utama Sybille.

Bawalah banyak makanan sehat dan makan sepanjang malam

“Saya diolok-olok karena makan terus. Tapi saya tidak benar-benar makan di rumah. Sebagian besar kalori saya dikonsumsi di tempat kerja,” ujarnya.

Ia akan membawa 2-3 jenis makanan (biasanya makan malam dan kemudian beberapa jenis hidangan sarapan dengan telur) dan kemudian buah, sayuran, dan kacang-kacangan untuk dimakan.

Minum banyak air karena ini akan membantu dengan sakit kepala

Perawat pada umumnya susah sekali minum, dan gampang kena dehidrasi. Sybille biasanya minum kopi di awal shift dan sekitar jam 2 pagi. “Tidak lebih dari jam 4 pagi untuk saya atau saya tidak akan bisa tidur.”

Saat lelah, lakukan latihan ringan

Sybille kerap memanfaatkan tangga sebagai bentuk olahraganya. Hal itu bisa benar-benar membuat darahnya mengalir dan membantu melewati sisa shift. Memiliki kegiatan yang aktif sangat membantu saat kerja shift malam.

Membiasakan tubuhmu untuk tidur di siang hari dan tetap terjaga di malam hari adalah kunci untuk memastikan bahwa kamu merasa ‘normal’ saat bekerja.*

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply