Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, September 16, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Tips Jadi Penulis Sukses dari JK Rowling

Views

Topcareer.id Sebagai salah satu penulis paling sukses di dunia, J.K. Rowling sering diminta untuk membagikan tips dan sarannya untuk mereka yang bercita-cita tinggi menjadi seorang penulis yang sukses.

Tidak ada jaminan, dalam karier menulis atau sebaliknya. Tetapi kamu akan membutuhkan beberapa dasar-dasar yang solid untuk memulai. Berikut tips dari Rowling untuk calon penulis, dilansir dari laman Inc Asean.

Banyak baca

Hampir setiap penulis akan memberi tahu betapa pentingnya membaca. Penulis yang hebat adalah pembaca yang hebat terlebih dahulu.

Dalam bukunya On Writing: A Memoir of the Craft, Stephen King merekomendasikan agar kamu membawa bacaan setiap saat. Daripada sibuk dengan smartphone saat terjebak dalam antrean panjang, coba buka buku. Satu CEO membaca lebih dari 100 buku dalam setahun.

Disiplin

Jika kamu hanya menunggu inspirasi datang, kamu tidak akan membuat banyak kemajuan. Coba paksa dirimu duduk di kursi, matikan gangguan, dan selesaikan tulisannya. Beberapa penulis menetapkan kuota penulisan harian. Mark Twain diduga rata-rata menulis 1.800 kata sehari.

“Kadang-kadang kamu harus menulis bahkan ketika merenung tidak bekerja sama,” jelasnya.

Ulet dan rendah hati

Kuatkan mental atas penolakan. Naskah Kathryn Stockett The Help (yang tetap dalam daftar buku terlaris New York Times selama lebih dari 100 minggu), ditolak 60 kali. Butuh waktu lima tahun untuk menulis dan lebih dari tiga tahun penolakan sebelum seorang agen mengambil risiko menerbitkannya.

“Menegakkan kepala dan terus maju akan jadi hal yang tidak ternilai jika kamu bertahan dari pekerjaan yang dinilai publik. Dan seringkali, penulis adalah kritikus terburuk mereka sendiri. Sabar dengan diri sendiri,” kata Rowling.

Jangan biarkan rasa takut gagal menghentikanmu

Menjadi penulis berarti berani. Dibutuhkan keberanian untuk mengirimkan karya ke agen dan penerbit mengetahui bahwa kemungkinan penolakan sangat tinggi. Tapi itu bukan alasan yang baik untuk tidak melakukannya. Bagaimana jika Stockett berhenti mengirimkan naskahnya untuk setelah 15 penolakan pertamanya?

Lupakan daftar yang harus dilakukan, buka jalan sendiri

Internet penuh dengan saran tentang apa yang harus dilakukan untuk menjadi penulis yang menguntungkan. Ada seluruh genre buku self-help tentang topik dan kompetisi menulis yang dimaksudkan untuk membuka jalanmu menuju kesuksesan. Tidak ada yang pernah mengatakan menulis itu mudah.*

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply