Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Oktober 27, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tipe-Tipe Atasan di Kantor, Bos Kamu yang Mana?

Topcareer.id Karakter atasan bermacam-macam. Tapi, bos yang baik selalu punya karakter yang sama, seperti komunikator yang jelas dan pendengar yang baik. Ada juga tipe bos yang memang sangat menyebalkan. Bos kamu seperti apa?

Monster.com merangkum lima karakter bos yang ada di kantor, plus bagaimana menanganinya.

1. Bos berwibawa

Bos yang berwibawa biasanya punya ciri-ciri pengambil risiko tertinggi dan memiliki pengamatan yang tajam soal peristiwa. Sisi negatifnya, ia bisa menjadi komunikator yang buruk. Dia kreatif dan tanggap, tetapi dia mudah curiga pada orang.

“Yang paling penting adalah mengakui seberapa pintar mereka, bagaimana mereka bertindak fair dan bagaimana mereka efektif dalam menyelesaikan pekerjaan,” kata pakar komunikasi dan kepemimpinan, Sylvia Lafair.

Lynn Taylor, penulis Tame Your Terrible Office Tyrant dan CEO Lynn Taylor Consulting menyarankan, ketika berhadapan dengan seseorang yang mencurigakan, kamu harus “spesifik” dan minimalisasi salah tafsir. Sarannya, coba komunikasi dengan email untuk mencegah miskomunikasi.

2. Bos narsis

Bos narsis sangat berhak atas dirinya sendiri. Dia suka menjauhkan diri dari bawahan, apalagi yang suka mengkritiknya dengan kejam. Dia memiliki sedikit empati.

Taylor merekomendasikan untuk menggunakan apa yang dia sebut metode “CALM” (Communicate, Anticipate, Laugh, and Manage Up) untuk tipe bos ini. “Berkomunikasi lebih sering, jujur dan teratur dengan bos yang agresif sehingga kamu mengerti apa yang ada di balik semua kekacauan itu,” katanya.

3. The everyman boss (bos orang biasa)

Bos ini cukup menyenangkan karena tipikal manusia biasa, tapi terkadang malah tidak pantas. Dia terlalu plin-plan untuk memimpin secara efektif.

Janet Civitelli, psikolog tempat kerja di VocationVillage.com mengatakan, salah satu strategi terbaik untuk berurusan dengan bos yang bimbang, yakni melatihnya untuk menyadari keputusan tidak terlalu menakutkan.

“Keragu-raguan seringkali berasal dari rasa takut membuat kesalahan atau terlihat buruk, jadi cobalah mencari cara untuk membantu atasanmu bersinar,” ucap Janet.

4. Bos autokratis (pemegang kekuasaan penuh)

Terlepas dari fisiknya, Lafair menggambarkan bos ini sebagai pemegang kekuasaan penuh dan dominan. Dia kejam (bahkan sedikit pengganggu) dan terkadang sangat menakutkan.

“Cara terbaik untuk menangani bos-bos ini adalah memberi tahu mereka, kamu menghargai bagaimana mereka mengendalikan situasi,” kata Lafair.

Tunjukkan kalau kamu bersedia menjadi sepasang mata lain sehingga ketika kekacauan dan kecemasan terjadi, kamu dapat membantu menemukan cara untuk menenangkan situasi.

5. Bos pengatur kecepatan

Bos tipe ini menciptakan lingkungan kompetitif di tempat kerja. Dia menetapkan tujuan dan standar yang sangat tinggi. Ia biasanya sangat menuntut karyawan. Andy Kanefield, yang ikut menulis buku Uncommon Sense mengatakan, untuk menghadapi tipe bos ini coba minta detail sebanyak mungkin.

“Tanyakan detail tentang pekerjaan yang ia perintahkan, seperti apa langkah-langkah meyelesiakannya, siapa yang sudah berhasil melakukannya. Coba untuk mendapatkan gambaran seperti apa kesuksesan itu,” ujarnya.

Editor: Ade Irwansyah

Tinggalkan Balasan