Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Penyakit Mematikan Hantui Pekerja Kantoran yang Jarang Olahraga

Topcareer.id – Bahaya kesehatan ternyata tak hanya mengancam pekerja di luar ruangan. Mereka yang bekerja di kantor dengan suasana tenang juga dihantui oleh risiko penyakit-penyakit mematikan.

Dalam laman Express UK, pekerja kantoran yang duduk hingga 70 persen dari waktu seharian, berisiko tinggi mengembangkan penyakit mematikan seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Hal itu juga berlaku bagi anak-anak sekolah yang duduk terlalu lama.

“Ketika kita duduk dalam waktu lama, kadar gula darah, kolesterol dan tekanan darah akan meningkat. Menyiasati dengan berjalan lambat atau berdiri dapat membantu menjaga kadar gula darah, kolesterol dan tekanan darah yang sehat,” kata Dr Daniel Bailey dari University of Bedfordshire.

Hal senada juga pernah disampaikan oleh personal trainer Golds Gym, Imanuel Adiputra Patandung yang sudah sepuluh tahun bekerja di industri kebugaran.

Menurutnya, ada banyak bahaya yang mengancam para pekerja kantoran. Apalagi yang tidak mau menyempatkan diri berolahraga.

“Yang pasti lebih rentan terkena serangan jantung, kenapa? Duduk lebih dari dua jam itu, kerja jantung semakin lambat, sirkulasi darah dalam tubuh semakin nggak stabil, otot-otot juga mengalami kekakuan,” ucap Imanuel kepada TopCareer.id pada Kamis (28/3/2019).

Sebenarnya, tubuh akan memberi tanda apabila sudah dalam keadaan tidak baik-baik saja. Namun banyak yang memilih mengabaikannya.

“Contohnya ya orang yang sudah terlalu lama di depan komputer, bahunya merasa sedikit nyeri. Dan pinggang mereka juga akan terasa lebih pegal,” ujar Nuel.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply