Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 28, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Bikin `Pede` Saat Melakukan Pekerjaan

Topcareer.id Pernahkah kamu mengalami rasa takut saat melakukan pekerjaan? Misalnya, takut melakukan kesalahan atau merasa takut apa yang sudah kamu kerjakan tidak akan dihargai. Jika sering merasakannya berarti kamu mengalami kondisi kurang percaya diri alias kurang pede.

Rasa kurang percaya diri ini efeknya kurang baik karena bisa menghalangi mencapai potensi maksimal dirimu. Rasa ini akan mengganggu fokus kamu bekerja. Dan akan mempersulit pengembangan diri untuk peningkatan karier. Dengan percaya diri akan membuat perasaan menjadi baik dan meningkatkan kepuasan.

Lalu bagaimana meningkatkan rasa percaya diri di tempat kerja? Dilansir dari Topresume.com, Kamis (12/09/2019) berikut beberapa saran yang bisa dilakukan.

Bersikap baik pada diri sendiri. Seringkali orang berpikiran negatif pada dirinya sendiri. Meragukan kemampuan diri dan menerapkan rasa takut untuk maju. Stop hal semacam itu. Mulai sekarang lakukanlah hal baik pada diri sendiri. Bisa dengan cara lebih sering memberi pengaruh positif terhadap diri sendiri, fokus pada keterampilan yang dimiliki dan pikirkan hasil akhir positif daripada memikirkan hal negatif.

Berpura-pura sampai berhasil. Untuk benar-benar merasa percaya diri memang memakan waktu. Cobalah berani angkat kepala, tegapkan badan dan berpura-puralah bahwa kamu memang orang yang pede. Sampai akhirnya kamu benar-benar pede sungguhan.

Evaluasi kinerja. Sisihkan waktu sesekali untuk mengevaluasi kinerja kamu selama ini. Setiap kali kamu menyelesaikan suatu pekerjaan coba pikirkan tentang bagaimana kamu bisa mengerjakannya dengan lebih baik lagi. Dengan evaluasi kamu bisa mengetahui di mana kekurangan dan kelebihan diri. Hal ini bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Tingkatkan skill kamu. Dengan tampil lebih baik otomatis kamu akan merasa lebih percaya diri. Pelajarilah banyak hal baru untuk meningkatkan keterampilan. Walaupun ini tidak mudah tetapi memiliki banyak skill pasti bisa menambah rasa percaya diri.

Keluar dari zona nyaman. Tidak ada salahnya mencoba untuk menantang diri keluar dari zona nyaman. Kalau bisanya kamu selalu bekerja dengan memisahkan diri dari tim, cobalah untuk lebih banyak bergabung dan saling berbagi ide dengan rekan kerja atau atasan. Ini akan melatih rasa percaya dirimu untuk terus tumbuh.

Saat mencoba melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan kepercayaan diri jangan lupa untuk tetap banyak mencari informasi mengenai semua hal yang menyangkut pekerjaan. Jika kamu mempunyai banyak informasi terkini kamu akan merasa memiliki pengetahuan lebih dan menumbuhkan rasa percaya diri.*

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan