Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Juli 30, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Kementerian Kelautan dan Perikanan Dorong Digitalisasi UMKM

Topcareer.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong digitalisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kelautan dan perikanan melalui acara Marine and Fisheries Business and Investment Forum pada Kamis (12/09/2019) di Jakarta.

Forum itu dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta beberapa pelaku UMKM kelautan dan perikanan, perusahaan jasa perbankan, perusahaan jasa pengiriman, BUMN Perikanan, serta pelaku e-comerce.

“Saya berharap kerja sama digital company ini bisa membuat pasar menjadi lebih aksesibel di mana saja dan kapan saja untuk para pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan,” ucap susi, seperti dilansir dari kominfo.go.id, Jumat (13/9/2019).

Namun ia juga menegaskan agar e-commerce platform yang ada, tidak menjual produk-produk yang tidak sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh pemerintah seperti, komoditi perikanan yang dilindungi dan alat-alat yang dapat menghancurkan keindahan serta ekosistem laut.

Kehadiran berbagai start-up unicorn bidang e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak di Indonesia memberikan kesempatan bagi UMKM untuk memasarkan produknya secara lebih luas tanpa dibatasi tempat dan waktu. Sementara untuk distribusi produk, para pelaku usaha dapat memanfaatkan sejumlah layanan seperti Go-Jek dan SiCepat untuk memperluas pasarnya.

Susi juga berpesan agar perbankan memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM untuk mendapatkan modal, contohnya dengan memberikan bunga yang rendah kepada pelaku usaha UMKM.

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan