Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Juli 30, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Apa Saja Tugas Pramugari Kereta Api?

Topcareer.id Tak cuma pesawat saja yang punya pramugari. Kereta juga ada. Pramugari kereta memberikan pelayanan perjalanan sejak penumpang naik, selama perjalanan hingga penumpang turun. Secara keseluruhan apa saja tugas pramugari kereta?

TopCareer.id berkesempatan mewawancarai salah satu pramugari kereta api alias prami PT Kereta Api Indonesia (KAI), Rahayu di kantor KAI Daop 1. Berdasar dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), kata Rahayu, tugas prami itu ada tiga tahap, yakni pra perjalanan, perjalanan, dan purna perjalanan.

“Kalau pra perjalanannya sendiri, itu kita harus datang ke kantor 90 menit sebelum perjalanan untuk melakukan briefing dengan orang kantor dan teman satu perjalanan,” ucap Rahayu kepada TopCareer.id, Kamis (25/7/2019).

Foto dok. Travellingyuk.com

Rangkaian setelah briefing itu, ada yang namanya tes kesehatan di stasiun keberangkatan. Tes kesehatan ini penting dilakukan untuk petugas yang hendak dinas perjalanan kereta.

Jika tes kesehatan menunjukkan hasil yang baik, maka prami diizinkan bertugas dalam perjalanan dinas.

“Kalau pas tes taunya nggak sehat atau ada yang kurang memenuhi syarat jalan, kami pasti dipulangin dan kami nggak akan dinas. Setelah itu kami boarding 30 menit,” ucap Rahayu.

Kemudian pada tahap perjalanan, prami bersiap melakukan free selling dan membagikan bantal dan selimut. Ini juga masuk dalam pelayanan pramugari kereta. Pramugari kereta memang bertanggungjawab melakukan penjualan makanan dan minuman kepada penumpang.

Tahap terakhir, yakni purna perjalanan. Setelah sampai di stasiun akhir, prami harus memastikan bahwa semua penumpang sudah turun dari kereta.

“Atau kami juga mengecek apakah ada barang yang tertinggal. Itu dicek keseluruhan.”*

Editor: Ade Irwansyah

Tinggalkan Balasan