Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, October 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kelebihan Berat Badan? Yuk, Coba South Beach Diet

Views

Topcareer.id Entah sudah berapa pola diet makanan kamu coba, namun berat badan tak kunjung turun. Duh, di mana salahnya, ya? Hm, mungkin kamu belum menemukan yang cocok. Sudah coba pola makan South Beach Diet?

Tidak seperti kebanyakan diet yang rendah atau justru melarang asupan karbohidrat, diet ini masih membolehkan karbohidrat, hanya saja dibedakan menjadi karbohidrat baik dan karbohidrat jahat.

Diet South Beach diciptakan Arthur Agastston, seorang kardiologis. Ia mengamati pasien-pasiennya lebih sulit bertahan pada pola diet rendah karbohidrat. Ia lalu merumuskan pola diet baru yang mudah dijalankan dalam jangka panjang, tetapi juga sehat bagi jantung.

Diet ini terbagi atas tiga tahap. Tahap pertama dibuat untuk mengurangi nafsu makan dan mengurangi berat badan. Tahap kedua dilakukan agar berat badan kamu tidak bertambah di masa mendatang. Sedang tahap ketiga yang merupakan paling penting, menjalankan pola hidup sehat.

Berikut rincian pola South Breach Diet yang bisa kamu coba:

Mengurangi nafsu makan
Tahap pertama ini berlangsung selama dua minggu dengan tujuan menstabilkan gula darah yang bisa berujung pada berkurangnya nafsu makan. Selama dua minggu tersebut fokus mengonsumsi makanan tinggi nutrisi dan kaya serat. Yang tergolong makanan tinggi nutrisi antara lain ikan dan makanan laut lainnya, unggas tanpa kulit, tahu, tempe, dan susu kedelai, kacang-kacangan, sayuran berserat, keju rendah lemak, telur dan yang mengadung lemak tak jenuh, seperti alpukat atau minyak zaitun murni.

Pantangnnya, selama dua minggu itu kamu tidak boleh mengonsumsi nasi, roti, kentang, pasta, atau bahkan buah-buahan. Hindari juga kue-kue, es krim, permen, bahkan gula. Jika dilakukan dengan disiplin, berat badanmu bisa berkurang sampai 7 kg.

Berat badan stabil
Setelah berat badan berkurang drastis akibat diet ketat selama dua minggu, di tahap kedua ini sedikit lebih longgar.

Kamu boleh mengonsumsi karbohidrat baik seperti roti gandum, beras merah, kentang, serta buah-buahan yang dilarang dikonsumsi di tahap pertama. Tetap perbanyak sayuran berserat. Sebagai kudapan, dark chocolate bisa jadi pilihan. Tahap kedua ini dilakukan tanpa batas waktu. Biasanya berat badan akan berkurang 0,5-1 kg per minggu.

Gaya hidup sehat
Pada tahap ini kamu telah terbiasa dengan pola hidup sehat yang dilakukan di tahap sebelumnya. Yang perlu diperhatikan aturan baku diet South Beach, antara lain konsumsi karbohidrat dan lemak baik, pilih makanan berserat tinggi, serta hindari makanan olahan atau instan.

Kamu tertarik mengikuti gaya diet South Beach? Yuk, dicoba. Siapa tahu ini pola diet yang kamu cari selam ini.*

Sumber: majalah TopCareer, April 2012.

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply