Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, October 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Jitu Negosiasi untuk Mencapai Sepakat

Views

Topcareer.id Keahlian bernegosiasi sangat diperlukan dalam bisnis, entah kamu seorang karyawan, atasan, atau entrepreneur. Sebab, dalam bisnis, sebagaimana kehidupan bermasyarakat pada umumnya, setiap pihak memiliki kepentingan dan pandangan yang mungkin berbeda satu sama lain. Maka, kuncinya adalah menghasilkan kesepakatan bersama.

Untuk itu diperlukan negosiasi. Nah, bagaimana cara bernegosiasi? Berikut poin-poin penting yang harus dilakukan saat bernogosiasi seperti dikutip dari buku How Business Works: A Graphic Guide to Business Success (2015).

Poin-poin ini berlaku universal, entah itu negosiasi gaji antara calon karyawan dengan atasan, perwakilan serikat pekerja dengan wakil perusahaan, maupun calon klien dengan vendornya.

Persiapkan dan rencanakan
Tetapkan tujuan yang ingin kamu capai, dan pahami juga tujuan yang ingin dicapai pihak sebelah. Jabarkan nilai-nilai ideal lalu pikirkan kemungkinan apa saja masih bisa dikompromikan. Pertimbangkan agenda dan tempat rapat. Jangan lupa berlatih diri agar tidak dianggap tak siap bernegosiasi.

Tetapkan aturan baku
Sepakati dahulu di mana rapat negosiasi akan berlangsung, agenda rapat, dan berapa jumlah orang yang hadir. Tentukan aturan etiket selama negosiasi, misal tidak boleh ada handphone menyala, atau satu pihak bicara sampai selesai, kemudian baru disanggah atau disetujui, serta tentukan kapan break istirahat. Sepakati pula bagaimana hasil negosiasi nanti akan diinformasikan dan dicatat.

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply