Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, October 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Mudah Sampaikan Kritik dengan Baik

Views

Topcareer.id Kritikan memang mampu membangun seseorang dalam karier atau personal. Tapi, menyampaikan pendapat berupa kritikan tak bisa sembarangan. Jika salah penyampaian, umpan yang diharap bisa berefek positif, malah jadi negatif karena ada yang tersakiti.

Dilansir dari laman Inc, berikut beberapa cara menyampaikan kritik dengan baik tanpa perlu menyinggung rekan kerja.

1.Mulailah dengan memberi tahu seseorang apa yang kamu sukai

Agar kritikan efektif, maka harus diterima dengan baik. Kerap kali kritikan dianggap sesuatu yang menyakitkan dan merugikan. Nah, agar membantu seseorang tetap terbuka mendengar kritikan, kamu harus mulai dengan memberi orang itu pujian yang jujur.

Coba tantang dirimu menemukan pandangan membangun soal pekerjaannya daripada kritikan yang dangkal.

2. Renungkan niat diri sendiri dulu ketika ingin memberi kritikan.

Periksa diri sendiri dulu. Coba amati nilai diri, apa ada kecenderungan perfeksionis. Pastikan itu bukan kebutuhan obsesifmu untuk meminta perubahan kinerja seseorang.

Meski tak apa menginginkan orang itu terus meningkat dalam performa kerjanya, tapi meminta seseorang untuk memenuhi tuntutan kritik hatimu tidak produktif. Jika kamu tahu bahwa kamu juga tak cukup baik, tak masuk akal jika mengharap orang lain bekerja sesuai standarmu yang tidak realistis.

3. Katakan apa yang bisa dilakukan seseorang secara berbeda

Cobalah mengambil pendekatan yang lebih objektif dan melihat situasi apa adanya. Berikan orang itu asumsi yang menjelaskan bahwa dia melakukan usaha dan tidak melakukan sesuatu yang salah dengan sengaja.

Dengan perasaan tenang, tidak menghakimi, dan tidak terikat, perlihatkan atau beri tahu orang itu apa yang bisa dia lakukan secara berbeda untuk memenuhi standarmu.

4. Jelaskan secara terperinci apa yang harus dilakukan ke depan

Ini adalah saat ketika kamu menjelaskan dengan tepat apa yang kamu inginkan dan harapkan dari orang tersebut di lain waktu.

Jaga agar kritikanmu terfokus pada pekerjaan itu sendiri daripada menyerang karakter orang itu, yang hanya akan menumbuhkan ketidakpercayaan yang mengarah ke masalah yang lebih besar di masa depan.

5. Coba beri kekuatan dengan memberi tahu bahwa dia melakukannya dengan baik

Akhiri dengan nada positif. Alih-alih sekadar kembali ke hal pertama yang kamu katakan, fokuslah untuk menunjukkan salah satu kekuatan orang tersebut. Kekuatan adalah sesuatu yang melampaui tugas yang satu ini, dan diterjemahkan ke semua aspek pekerjaan seseorang.

Para pemimpin hebat dan orang-orang yang penuh inspirasi mampu melihat melampaui situasi saat ini. Mereka menemukan motivasi dan kekuatan yang lebih dalam pada diri orang lain.

Ketika kamu harus memberi kritik kepada teman atau rekan kerja, perlihatkan kepada orang itu betapa kamu menghargai hasil yang ia berikan, dan lakukan yang terbaik untuk menginspirasi orang itu untuk bekerja lebih keras di masa depan.*

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply