Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Juli 30, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Cari Kerja untuk yang Minim Pengalaman

Topcareer.id – Berpengalaman kerap jadi syarat perusahaan ketika akan merekrut karyawan. Tapi bagaimana dengan fresh graduate yang minim atau bahkan tak punya pengalaman kerja?

Berdasar laman Business News Daily, berikut beberapa tips untuk mendapatkan pekerjaan meski belum punya pengalaman kerja.

Buat variasi resume yang berbeda

Luangkan waktu membuat resume yang berbeda dan menarik. Hal itu bisa meningkatkan peluangmu untuk menonjol di antara pelamar lainnya.

Selain itu, menurut profesor keuangan di Gordon Collehe, Alexander Lowry, memecah deskripsi pekerjaan juga akan memperbesar kesempatan kamu untuk diterima perusahaan.

“Seseorang disewa untuk melakukan satu dari tiga hal: menghasilkan uang perusahaan, menghemat uang perusahaan, atau membuat pekerjaan bos lebih mudah. Cari tahu pekerjaan mana yang perlu dipenuhi. Kemudian sesuaikan resume-mu untuk mengatasi masalah itu.” ujar Lowry.

“(Resume) kamu harus secara efektif menggambarkan bagaimana kamu telah mengembangkan berbagai keterampilan dengan dampak yang nyata,” kata Alex Sereno, penasihat karier ZipRecruiter.

Tunjukkan keahlian dan pengalaman ekstrakurikuler yang berarti

Walaupun seorang kandidat kurang pengalaman kerja formal, bukan berarti mereka tidak memiliki keterampilan yang relevan atau pengalaman yang berarti dalam pekerjaan terkait.

Tunjukkan pengalaman yang dapat diterjemahkan ke dunia kerja dengan menyoroti kegiatan ekstrakurikuler di perguruan tinggi.

“Mahasiswa yang terpilih sebagai kapten tim, anggota dewan siswa yang terpilih, editor publikasi universitas, manajer event atau direktur produksi teater,  bisa menceritakan pengalaman soal kepemimpinan atau manajemen,” kata Timothy Wiedman, pensiunan profesor manajemen dan sumber daya manusia di Universitas Doane.

“Mencapai tujuan kelompok sambil mengarahkan pekerjaan siswa lain adalah keterampilan yang sering ‘ditransfer’ ke lingkungan kerja.”

Kembangkan brand diri lewat portofolio online

LinkedIn dan berbagai platform media sosial memberi kesempatan untuk menunjukkan bakat kepada pemberi kerja 24 jam.

Bagi mereka yang memiliki pengalaman kerja terbatas, LinkedIn yang aktif dan profesional dapat membuat perbedaan besar dalam proses perekrutan.

“Saya mendorong semua mahasiswa saya untuk membuat situs web portofolio dan akun LinkedIn, lalu mendaftarkan keduanya di bagian atas resume mereka. Tidak seperti resume makalah, portofolio online dapat mencakup multimedia serta proyek yang telah diselesaikan siswa pada magang,” kata Andrew Selepak, direktur program pascasarjana media sosial di University of Florida.

Portofolio online merupakan cara terbaik untuk menampilkan keahlian dengan resume yang lebih interaktif dan menarik secara visual daripada di atas kertas. Menggabungkan foto dan video akan membantu portofolio terlihat menonjol.

Editor: Feby Ferdian

Tinggalkan Balasan