Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Begini Jam Kerja dan Waktu Libur Pramugari Kereta Api

Topcareer.id Hari ini pergi ke Bandung, besok lusa sudah ada di Surabaya. Seperti itu kira-kira pekerjaan pramugari kereta api. Melayani tiap perjalanan kereta, maka pramugari pun harus siap siaga. Karena hal itu, waktu kerja pramugari kereta api ditentukan dari jenis perjalanan keretanya.

Salah seorang pramugari keret api, Rahayu berkata jam kerja dan waktu libur pramugari tak tentu, meski akan dijadwalkan jauh hari sebelumnya. Untuk jam kerja, tergantung dari jenis perjalanan keretanya, ada yang jarak dekat dan jarak jauh.

“Kalau untuk jarak pendeknya, kami 3 jam untuk perjalanan Jakarta-Bandung. Kalau untuk jarak jauhnya 12 jam dalam perjalanan Jakarta-Surabaya,” kata Rahayu Saat diwawancara TopCareer.id di Kantor KAI Daop 1, Cikini, pada Kamis (25/7/2019).

Dok. Kementerian BUMN

Rahayu yang sudah 1,5 tahun berdinas sebagai pramugari kereta api ini lebih sering bertugas untuk perjalanan kereta jarak jauh. Rahayu mengatakan, dalam sebulan ia bisa melakukan 19 kali perjalanan kereta.

Sementara terkait waktu libur penjadwalannya bergantung pada jenis perjalanannya. Misal, kata dia, setelah melakukan perjalanan jarak jauh, maka besoknya libur selama dua hari.

“Atau setelah jarak pendek kami lanjut jarak pendek lagi setelah itu baru jarak jauh baru libur,” ujar Rahayu.

“Misalkan kami dinas kereta api Sembrani, berangkat dari (stasiun) Gambir pukul 19.15 dan perkiraan sampai (stasiun) Pasar Turi pukul 05.45. Setelah itu kami rest di Surabaya, berangkat lagi pukul 17.50. Setelah itu baru kita libur biasa.”

Jam kerja dalam satu kali perjalanan juga mungkin yang membedakan antara pramugari kereta api dan pesawat, seperti yang dikatakan Rahayu. Ia menggambarkan, kalau pramugari kereta untuk perjalanan pendek memakan waktu 3 jam (Jakata-Bandung), sementara pramugari pesawat 1 jam.

“Mungkin bedanya kalau di pesawat kan satu kabin aja, kalau kereta kan bisa 8 sampai 14 rangkaian. Dan kami bisa bawa 1.200 penumpang dalam satu perjalanan.”*

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply