Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, July 27, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Mitsubishi Perluas Investasi Senilai USD130 Juta

Topcareer.id Upaya pemerintah mengeluarkan insentif penanaman modal tax holiday tahun 2018 mulai membuahkan hasil. Dengan mekanisme yang baru, tidak sedikit perusahaan memperhitungkan investasi skala besarnya di Indonesia. Salah satunya perusahaan terbesar asal Jepang, Mitsubushi Chemical Corporation (MCC).

Melalui anak perusahaannya, PT MC PET Film Indonesia (MFI) akan membangun fasilitas baru untuk meningkatkan kapasitas produksi polyester film, sesuai dengan meningkatnya permintaan pada bidang industri polyester film terutama di Eropa.  

Direktur Promosi Sektoral BKPM Imam Soejoedi menyatakan perusahaan yang tertarik berinvestasi lantaran mekanisme baru ini terdiri dari investor loyal yang ingin melakukan perluasan dan juga investor baru.

Khusus untuk investor Jepang, kabar disetujuinya satu perusahaan Jepang mendapatkan tax holiday sangat cepat menyebar di kalangan pengusaha. Rencananya perluasan akan selesai pada akhir tahun 2021 dengan nilai investasi sebesar USD 130 juta.

“Hal ini memberikan dampak positif yang luar biasa bagi Indonesia. Selain Mitsubishi Chemical, setidaknya tercatat ada delapan perusahaan yang sedang dalam tahap serius mempertimbangkan usahanya di Indonesia,” jelas Imam seperti tertulis dalam rilis yang diterima TopCareer.id, Senin (16/9/2019).

Di antaranya, lanjut dia, di sektor otomotif, kimia dasar, makanan dan minuman, pembangkit listrik, dan jasa lainnya. Salah satu arahan Kepala BKPM Thomas Lembong ,untuk melakukan after care service dan pengawalan investor terbukti ampuh mendorong investor existing melakukan perluasan investasinya.

Di pasar polyester film, MCC mengantisipasi pertumbuhan berkelanjutan dalam aplikasi optik untuk tampilan. Selain itu, permintaan polyester film terutama untuk proses pembuatan komponen elektronik menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa.

“Faktor-faktor di balik pasar yang menguntungkan ini termasuk perluasan penggunaan komponen elektronik dalam industri otomotif dan peningkatan produksi komponen elektronik, seperti Multilayer Ceramic Capacitors (MLCCs) yang didorong oleh meningkatnya jumlah BTS yang kompatibel dengan 5G dan peningkatan yang berkelanjutan dalam peralatan telekomunikasi,” jelas Presiden Direktur PT. MFI Bambang H. Sastrosatomo.

Menurut data BKPM, Jepang merupakan negara investor kedua terbesar di Indonesia dalam kurun waktu 2014 Triwulan II 2019, dengan total realisasi investasi mencapai USD 23,3 miliar.*

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply