Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Agustus 2, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

10 Etika Berkirim Pesan agar Kamu Terlihat Profesional

Topcareer.id Kenyamanan, ketepatan dan efisiensi waktu menjadikan bertukar pesan teks sebagai bentuk komunikasi yang utama. Pesan teks menjadi semakin umum untuk digunakan dalam pekerjaan juga karena alasan sama. Dulu orang bertukan pesan singkat lewat SMS, lalu beralih ke layanan Blackberry Messanger (BBM), kini yang paling banyak digunakan adalah layanan WhatsApp atau WA.

Walaupun menyenangkan dan mudah untuk mengirim pesan yang diisi dengan singkatan, bertabur emoji, namun aturannya berbeda di dunia kerja. Kita tak bisa sembarangan mengirim pesan teks ke klien, kolega atau atasan.

Berikut 10 kiat menulis pesan teks yang memberikan manfaat untuk kita semua dan menghindari perangkap potensial seperti dilansir dari Huffington Post.

1.Kirim pesan singkat ketika hubungan kerja terbangun
Setelah kamu mengenal rekan kerja, biasa mengobrol atau lewat email, tanyakan kepada mereka, komunikasi apa yang baik untuk dilakukan bersama demi pekerjaan. Jangan jadikan pesan singkat sebagai langkah pertama berkomunikasi dengan rekan bisnis.

2. Perhatikan waktu kirim pesan
Batasi hanya mengirim pesan WhatsApp atau SMS pada jam kerja. Jangan menghubungi klien di malam hari di waktu kamu ingin tidur, karena mengirim pesan teks setelah jam kerja menandakan adanya hal yang sangat penting untuk dibahas. Bila tak terlalu urgen, sebaiknya tunggu hingga hari kerja berikutnya untuk menyampaikan pesanmu.

3. Tahu kapan harus menelepon
Untuk hal-hal rumit yang memerlukan lebih lanjut sebaiknya dikomunikasikan lewat email atau telepon. Namun, pesan teks bisa menjadi awal yang bagus untuk bicara lebih jauh.

4. Tetap singkat
Fitur konversi suara ke teks, memudahkan kita mengirim pesan yang panjang. Naun jika pesan kamu terlalu panjang, lebih baik mengirim email. Karena mengirim pesan panjang melalui SMS justru menafikan fungsi SMS sendiri yang singkat, padat dan jelas.

5. Jangan mengirim kabar rahasia
SMS atau pesan via WA bukanlah tempat untuk menyampaikan informasi yang sensitif dan rahasia. Seperti halnya komunikasi digital lainnya, berhati-hatilah dalam mengirim atau mngetik pesan. Karena begitu pesan sudah terkirim, semuanya di luar kendali kamu.

Tinggalkan Balasan