Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Sikapi Depresi Setelah Kehilangan Pekerjaan

Topcareer.id Kehilangan pekerjaan memang bukan perkara mudah, apalagi saat dipecat atau diberhentikan secara tak terduga. Sedih, marah, dan emosi pasti akan terasa dalam keadaan ini. Tapi tidak perlu berlarut-larut dalam kesedihan.

Dilansir dari laman Tha Hope Line, yang terpenting dalam menghadapi masalah ini adalah memiliki rencana untuk menangani perasaanmu dengan cara yang sehat. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan utnuk mengatasi depresi lantaran kehilangan pekerjaan.

Istirahat

Setelah kehilangan pekerjaan, mungkin kamu tergoda untuk menyibukkan diri dengan mencari pekerjaan. Kamu mungkin juga merasa tidak bisa bergerak karena depresi dan merasa cemas.

Coba deh, istirahat sejenak. Beristirahat penting untuk menurunkan tingkat stres. Luangkan waktu untuk istirahat, dan makan dengan baik sehingga kamu dapat menjaga fokus dan energi saat untuk langkah selanjutnya.

Coba lakukan hal-hal yang disukai. Berolahraga dan lakukan hobi favorit adalah cara sederhana dan efektif untuk mengurangi kecemasan.

Cari tempat lepas keresahan

Seringkali, salah satu hal paling mengecewakan tentang kehilangan pekerjaan adalah kehilangan rekan kerja. Tetapi kabar baiknya, mereka bukan satu-satunya tempat curhatmu. Saat menjalani masa menganggur, kamu dapat menghubungi keluarga, teman, atau mentor yang dapat dipercayai.

Memiliki seseorang untuk diajak bicara adalah cara bagus untuk memproses perasaan. Hal itu membuatnya jadi lebih mudah untuk mempertahankan perspektif positif.

Buat rencana

Kamu perlu waktu untuk menyesuaikan, tetapi membuat rencana untuk bergerak maju bisa memastikan bahwa kamu tidak terjebak. Pakar karier menyarankan beberapa rencana seperti berikut:

– Sisihkan waktu untuk mencari pekerjaan (dan pisahkan waktu untuk hal-hal penting lainnya dalam hidup). Jadwalkan pencarian kerja seperti halnya kamu bekerja.

– Bergabung dengan perkumpulan pencari kerja. Perkumpulan pencari kerja dan pusat karier adalah tempat yang bagus untuk memperbarui resume dan surat lamaran, memperbaiki teknik pencarian kerja, dan menyempurnakan keterampilan wawancara.

– Berjejaring. Berhubungan dengan orang lain adalah cara yang bagus untuk menemukan peluang kerja kamu berikutnya. Agar lebih mudah, kamu dapat menghadiri acara networking dengan teman-teman.

Jaga iman

Segalanya tampak suram setelah kehilangan pekerjaan, Tapi selalu ada harapan. Perubahan mendadak yang terjadi ketika kamu kehilangan pekerjaan membuat segalanya semakin sulit. Penting untuk menghindari tempat dan situasi yang dapat memicu perilaku adiktif atau berbahaya.*

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply