Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Friday, November 22, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tips Karier

10 Etika Berkirim Pesan agar Kamu Terlihat Profesional

6. Tetap Professional
Setiap komunikasi adalah cerminan profesionalisme dirimu, termasuk teks sederhana. Meski ada ratusan emoji yang imut dan lucu, simpan itu untuk korespondensi pribadi saja. Hindari singkatan yang membingungkan atau konyol. Seperti halnya setiap bentuk komunikasi, perhatikan ejaan dan tanda baca lainnya.

7. Ketik pesan dengan jelas, beri informasi spesifik
Jangan gunakan bahasa ambigu. Gunakan pesan teks untuk memberi informasi yang tak memerlukan kesalahaan dalam penafsiran. Hindari adanya humor atau komentar lucu. jika orang tak tahu konteksnya, ia akan mengartikannya berbeda.

8. Jawab segera
Berpesan singkat menunjukkan rasa kedekatan. Ketika kamu menerima pesan dari klien atau bos, tanggapi tepat waktu. Di sisi lain, ketika sebuah teks menjadi emosional, beri jeda untuk berpikir sebelum mengirimkan tanggapan. Kecepatan merespon pesan adalah hal yang sangat disukai atasan, tetapi jangan biarkan itu merugikan kamu.

9. Jangan terpaku ke handphone terus
Terpaku terus ke handphone menghilangkan citra profesional dan bisa sangat mengganggu. Sama seperti kamu tidak akan memeriksa email setiap 10 detik, istirahatkan ponsel sehingga kamu dapat mengamati lingkungan sekitar dan berinteraksi dengan orang lain.

10. Sudahi pesan singkat dengan anggun
Beberapa perbincangan berlangsung terus-menerus, seolah masing-masing pihak tidak ingin menjadi yang pertama untuk menutup percakapan. Ketika tujuan komunikasi telah tercapai, akhiri percakapan dengan meminta ijin undur diri, seperti ucapan terima kasih atau janji untuk segera menindaklanjuti.*

Penulis: Melisa Fitri
Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply