Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, October 24, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Uang Elektronik, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Views

Topcareer.id – Perkembangan teknologi telah merambah hingga ke metode pembayaran. Hal ini ditandai dengan semakin maraknya penggunaan uang elektronik di segala transaksi.

Dikutip dari unichange.me, Rabu (18/09/2019), berikut beberapa kelebihan dan kekurangan uang elektronik yang perlu kamu tahu.

Kelebihan uang elektronik

Hemat waktu
Transfer uang menggunakan akun virtual hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Tidak perlu membuang waktu untuk antre di bank.

Pengendalian biaya
Membuat catatan pengeluaran cukup rumit dilakukan secara manual, sementara aplikasi penyedia uang elektronik memiliki histori laporan keuangan lengkap dan rapi.

Mengurangi resiko pencurian
Dompet digital tidak akan bisa diambil oleh orang lain. Karena setiap akun memiliki proteksi berupa password yang hanya diketahui sang pemilik.

User friendly
Aplikasi uang elektronik mudah digunakan dan memiliki jangkauan luas sehingga bisa diakses dari mana saja. Terdapat juga layanan customer service 24 jam yang bisa dimanfaatkan jika mengalami kendala.

Kekurangan uang elektronik

Batasan
Setiap sistem pembayaran elektronik memiliki batas jumlah transaksi maksimum per hari.

Resiko diretas
Ketika sistem aplikasi terganggu, bisa mengarah pada kebocoran data pribadi pada kartu dan pemiliknya.

Masalah perbedaan sistem
Dana yang berada di dompet digital tidak bisa dipindahkan ke platform yang berbeda, tidak seperti bank konvensional yang bisa dengan mudah transfer ke bank-bank lain.

Privasi data
Informasi keseluruhan data transaksi disimpan dalam database sistem, dan hampir sama dengan bank konvensional, badan intelijen memiliki akses ke informasi ini.

Perlu internet
Semua penyedia jasa uang elektronik bergantung kepada internet. Saat koneksi internet terputus, tidak ada satupun transaksi yang bisa dilakukan.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply