Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tanda Stres: Cemas, Mudah Marah, Sulit Tidur. Ini Cara Mengatasinya

Topcareer.id Seberapa sering kamu merasa stres di tempat kerja? Stres yang berlebihan mengganggu produktivitas kita dan berdampak pada kesehatan fisik serta emosional kita.

Cemas, apatis, mudah marah, kesulitan untuk tidur nyenyak dan sulit berkonsentrasi merupakan tanda-tanda kamu mengalami stres. Seperti dilansir Entrepreneur.com, Senin, (16/9/2019), Berikut beberapa tips untuk membantu kamu untuk menghindari stres di tempat kerja.

Buat rencana dan tentukan prioritas

Buatlah daftar tugas, jadwalkan, lalu pecah menjadi langkah-langkah kecil dengan mengutamakan prioritas yang paling tinggi. Jangan takut mendelegasikan tanggung jawab sehingga kamu bisa memiliki waktu istirahat yang cukup.

Hindari jadwal mendadak

Melaksanakan tugas pekerjaan secara mendadak, mendekati tenggat maupun sistem kebut semalam alias SKS merupakan sebuah gangguan dan dapat menimbulkan stres. Jadi lebih baik, kamu menggunakan google calendar sebagai remainder untuk mengatur tugas-tugas dengan benar tanpa adanya gangguan.

Personalisasi tempat kerja

Lingkungan kerja dan tempat kerja adalah cerminan dari suasana hati dan kondisi kamu. Pertama-tama kamu harus membuat lingkungan dan tempat kerja senyaman mungkin. Kamu bisa menambahkan foto keluarga, piala favorit, tanaman dan lain-lainnya yang dapat memotivasi dan meredekan stres kamu.

Pelajari teknik menenangkan diri

Mendengarkan musik yang tenang dengan earphone akan menenangkan saraf dan membuat kamu merasa lebih baik. Jadi cobalah mendengarkan musik dan melatih pernapasan utuk membuat kamu merasa bebas dan tenang.

Gunakan aplikasi mood manager

Selain berkonsultasi ke dokter, kamu juga bisa melacak kondisi psikologis kamu dengan smartphone. Carilah Aplikasi Mood Manager yang cocok dan sesuai dengan keinginan kamu.

Tidur dan makan dengan benar

Stres dapat menyebabkan insomnia. Tetapi kurang tidur juga dapat membuat kamu semakin stres.

Tingkatkan kualitas tidur kamu dengan tidur tidak kurang dari delapan jam dan matikan semua yang dapat menghasilkan cahaya baik itu lampu, gadget, laptop dan lainnya.

Karena cahaya sekecil apapun dapat mengganggu pelepasan hormon melatonin (hormon pemicu tidur). Selain itu, makanan yang kamu makan juga akan mempengaruhi kondisi dan suasana hati.

Jadi cobalah makan yang teratur dan sehat untuk membuat kamu tetap berenergi dan fokus selama hari kerja. Jangan lupa juga untuk mempertahankan kadar gula dalam darah karena kadar yang rendah akan membuat kamu mudah marah dan cemas.

Lakukan perawatan

Melakukan perawatan akan meningkatkan hormon endorfin dan dapat melindungi kamu dari stres dan depresi. gunakan alat pemijat kepala atau kursi pijat untuk merilekskan pikiran kamu.

Berolahraga

Latihan fisik juga merangsang hormon endorfin, jadi pilihlah olahraga yang paling cocok untuk kamu seperti berenang, tenis, jogging, olahraga pagi dan jalan-jalan, itu akan membantu kamu mengurangi stres.

Berlatih dengan sungguh-sungguh

Berlatilah bersyukur dan kelola emosi negatif dan menjadikannya positif. Dan berpikirlah bahwa pikiran-pikiran yang membuat kamu stres nantinya akan bermanfaat juga untuk kamu.

Ubah perspektif

Ubah perspektif dengan menyenangkan diri kamu sendiri. Jika memungkinkan, kamu bisa mengambil cuti dan melakukan hal-hal yang menyenangkan baik sendiri maupun dengan orang-orang tersayang.

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply