Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Pengaruh Fintech Bagi Industri Perbankan

Topcareer.id – Teknologi finansial online banking (fintech) makin diminati para nasabah karena kemudahannya, seperti memantau informasi keuangan sekaligus melakukan banyak transaksi setiap saat. Kondisi seperti ini mau tidak mau berdampak langsung pada industri perbankan. Dikutip dari Smallbusiness.chron.com, Rabu (18/09/2019). Ada beberapa pengaruh teknologi finansial pada perbankan.

Transaksi di teller berkurang, jumlah nasabah yang melakukan transaksi langsung ke teller menurun, karena penggunaan teknologi online banking memberi beragam kemudahan transaksi tanpa harus datang langsung ke bank.

Akses 24 jam 7 hari seminggu, transaksi perbankan secara online dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, tanpa harus terpaku pada waktu tertentu. Hal ini memudahkan nasabah untuk melakukan sejumlah transaksi perbankan pada akhir pekan saat bank tutup. Sehingga bank tidak perlu memberikan tugas lembur untuk para karyawannya.

Tindak pencurian data nasabah bank meningkat, informasi nasabah banyak tersimpan dalam database perbankan online memicu aksi pencurian identitas oleh para predator internet dengan teknik yang disebut ‘phising’. Untuk mencegah hal ini, bank wajib meningkatkan fitur keamanan.

Integrasi keuangan, perkembangan aktivitas online banking telah menarik perhatian lembaga di luar industri perbankan konvensional seperti pinjaman online. Layanan ini tidak tunduk pada peraturan pemerintah sehingga bisa memberi aturan lebih mudah dan proses instan pada siapa saja untuk meminjam uang. Dampaknya semakin banyak orang beralih ke pinjaman online daripada meminjam uang langsung di bank dengan aturan lebih rumit serta proses yang memakan waktu.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply