Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, April 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Sukses Presentasi untuk Para Introvert

Topcareer.id – Presentasi mungkin terasa mudah bagi sebagian orang. Tapi jika kamu adalah seorang introvert, tugas ini akan terasa sulit dan mengkhawatirkan.

Untungnya, seperti dilansir Entrepreneur.com, Kamis (19/9/2019), ada beberapa tips yang bisa menolong para introvert untuk menjalankan presentasinya dengan lancar. Yuk, disimak.

Persiapan yang matang
Bagi para introvert, persiapan adalah hal paling mendasar dan sangat penting. Dengan persiapan yang matang, presentasi kamu pun bisa berjalan dengan natural.

Pahami setiap slide yang telah dibuat serta kumpulkan data-data pendukung lainnya. Jadi ketika peserta bertanya, kamu dapat menjawabnya tanpa ragu-ragu.

Berlatih
Pepatah “practice make perfect” cocok untuk introvert, karena bukan hanya kesempurnaan yang kamu dapat, tapi juga kepercayaan diri.

Cobalah berlatih dengan teman atau keluarga. Minta mereka mengajukan pertanyaan sehingga kamu akan terbiasa.

Meringkas
Buatlah presentasi sesederhana mungkin. Kamu bisa membuatnya dalam bentuk poin-poin dan menambahkan grafik atau diagram jika diperlukan.

Mengatur sesi tanya jawab dengan durasi lebih panjang juga akan menguntungkanmu. Karena presentasi akan terisi dengan lebih banyak percakapan.

Fokus
Saat melakukan presentasi, fokuslah pada topik yang udah ditentukan. jangan memikirkan hal lainnya, karena itu akan mengganggu pikiran kamu dan bisa mengacaukan presentasimu.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply