Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Mulai Menabung Dana Darurat

Topcareer.id Mungkin kamu setuju bahwa dana darurat itu penting. Namun, jika mengingat gaji tiap bulan yang menguap untuk beragam kebutuhan, dana darurat kerap dilupakan. Padahal menyimpan dana darurat bisa dilakukan dengan mudah.

Ada 6 langkah sederhana yang bisa membantumu mulai membuat dana cadangan seperti dilansir dari laman Better Money Habits.

1. Lakukan per hari

Menyisihkan biaya hingga berbulan-bulan mungkin tampak seperti tugas yang sangat mustahil. Daripada memikirkan langsung mencapai sasaran tabungan, akan lebih baik jika mulai dulu. Untuk melakukan hal ini, pilih nominal realistis yang sekiranya bisa kamu capai dalam waktu yang cepat. Misal, kamu bisa mulai dengan Rp10 ribu atau Rp20 ribu sehari.

2. Hemat

Kamu dapat menggunakan transportasi umum untuk menghemat bensin, membawa makan siang ke kantor, membatalkan keanggotaan gym, atau berlangganan TV kabel atau layanan streaming yang tidak digunakan. Kamu mungkin bisa mengidentifikasi satu hal yang bisa dipangkas, daripada mencoba mengubah perilaku.

3. Permudah diri untuk menabung

Cara mudah untuk menabung lebih konsisten adalah dengan mengatur automatic transfer ke rekening tabunganmu. Jika memiliki setoran langsung di tempat kerja, kamu mungkin dapat menyisihkan persentase dari gaji untuk langsung ke rekening tabungan darurat setiap periode pembayaran.

4. Jangan biarkan utang menghalangi

Jika kamu kesulitan membayar utang, menabung mungkin menjadi hal terakhir yang ada di pikiran. Dan jika utangmu punya bunga yang tinggi, seperti kartu kredit, mungkin masuk akal untuk membayar saldo secara agresif terlebih dahulu. Pertimbangkan mengalokasikan dana untuk utang dan tabungan setiap bulan.

5. Dana darurat mudah diakses, namun jauh dari godaan

Dana darurat harus tersedia saat kamu membutuhkannya. Ya, itu berarti tidak mengunci mereka di rekening yang bisa memberikan tagihan jika ingin menarik uang. Tapi tidak juga menyimpannya di rekening yang dipakai untuk biaya sehari-hari. Pertimbangkan untuk membuat rekening tabungan terpisah, berbunga, dan diasuransikan.

6. Sekarang, naikkan jumlahnya

Jangan berhenti setelah kamu mencapai target tabungan awal. Terus tingkatkan sasaran tabungan sampai kamu menyisihkan cukup uang untuk menutupi pengeluaran selama tiga hingga enam bulan – penyangga yang signifikan terhadap keadaan darurat yang tidak terduga. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply