Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

ACBS 2019 Sepakati Joint Statement Kembangkan Industri Konten Asia

Topcareer.id – Asia Content Business Summit (ACBS) 2019 menghasilkan Joint Statement yang akan dijadikan landasan pengembangan industri konten Asia. Kerja sama akan dilakukan mulai dari pra-produksi, produksi, pasca-produksi, distribusi, dan promosi konten di kawasan.

Asia Content Business Summit (ACBS) 2019 mempertemukan antara pembuat kebijakan, aktor kreatif, sektor swasta, komunitas, akademisi, dan media untuk berbagi informasi tentang perkembangan terbaru dalam lingkup global dan regional, khususnya untuk industri konten serta membahas strategi untuk mendorong kesepakatan industri dan juga tantangan yang dihadapai, melalui kolaborasi untuk keuntungan bersama.

Deputi Hubungan Antarlembaga dan Wilayah Endah Wahyu Sulistianti mengatakan acara ini sangat bermanfaat untuk pengembangan industri konten Indonesia. Dengan adanya peningkatan kolaborasi antar para pemangku kepentingan dalam industri konten, maka ekosistem ekonomi kreatif akan meningkat. Kami dengan antusias menyambut inisiatif untuk memperkuat pekerjaan kami melalui berbagai bentuk implementasi.

“Pertemuan ini menghasilkan sebuah pernyataan bersama, yang menyatakan bahwa masing-masing anggota sepakat untuk menghubungkan pemerintah, lembaga pendidikan dan sektor swasta untuk memperluas platform ACBS dan terus meningkatkan pelatihan, produksi, distribusi, pembiayaan, pemasaran, dan promosi secara bersama satu sama lain dengan tujuan pengembangan lebih lanjut industri konten Asia,” ungkap Endah saat konferensi pers penutupan ACBS 2019 dan AKATARA 2019 di Golden Ballroom 2 The Sultan Hotel & Residence, Jakarta, Sabtu (21/9/2019).

Lebih lanju Endah menjelaskan anggota yang berpartisipasi akan bergabung untuk membantu menciptakan konten menggunakan metode berkelanjutan, hijau, beragam budaya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru untuk semua tahap pembuatan konten termasuk pra-produksi, produksi, pasca-produksi, distribusi dan promosi.

Dalam penutupan ACBS 2019, diserahkan pula penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada film makers yang karyanya ikut berpartisipasi dalam ACBS Film Festival 2019 yang digelar di fX Sudirman pada Kamis-Sabtu (19-21/9/2019).

Asia Content Business Summit (ACBS) merupakan platform Pan-Asia pertama yang mempromosikan pengembangan media kreatif dan industri konten antarnegara di Asia (yaitu Indonesia, Jepang, Cina, Hong Kong, Taiwan, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, Filipina, India, dan Thailand). ACBS yang tahun ini digelar di Indonesia merupakan penyelenggaraan ke-7. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan industri konten di Asia dan berupaya membawa para pemangku kepentingan terkait dari Asia dengan tujuan memfasilitasi kerja sama dan kolaborasi yang melibatkan pemerintah dan sektor swasta dalam industri konten.

Acara yang dilaksanakan berbarengan dengan Akatara: Indonesians Film Business and Market ini terdiri atas pertemuan, konferensi, dan film festival. Acara yang digelar dengan menggandeng Salon Films Hong Kong dan Kementerian Perdagangan dan Industri (METI) Jepang ini mengusung tema Story of Asia: Strengthening the Competitiveness Together yang membahas empat isu utama, yakni kebijakan, pengembangan skill, bisnis model baru, dan kolaborasi kawasan.

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply