Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Diserang Kantuk di Kantor? Begini Cara Atasinya

Topcareer.id – Sibuk bekerja di kantor terkadang membuat kita lelah lalu mengalami rasa kantuk. Rasa kantuk biasa disebabkan kurang tidur atau istirahat, stres, kurang gerak, terlalu banyak makan, dan kebosanan.

Lalu bagaimana cara menyiasatinya agar kita bisa mengusir rasa kantuk supaya tetap bisa bekerja dengan optimal. Melansir Everydayhealth.com, Senin (23/09/2019) ada beberapa strategi agar tetap terjaga.

Tidur cukup di malam hari
Untuk orang dewasa, tidur rata-rata tujuh hingga delapan jam per malam sangat ideal. Jangan kelebihan, itu hanya akan membuat tubuh lemas.

Makan sehat dan sediakan cemilan
Makan makanan sehat memiliki efek yang sama pada tubuh seperti gula dan kafein. Makanlah secukupnya agar terhindar dari kekenyangan yang bisa menyebabkan ngantuk. Sediakan cemilan sehat juga. Konsumsilah saat ngantuk mulai menyerang. Aktivitas pergerakan otot rahang membantu menekan rasa kantuk.

Lakukan tugas paling mudah dari pekerjaan di pagi hari, jika memungkinkan
Mengerjakan pekerjaan yang mudah di siang hari akan menyebabkan rasa kantuk karena kurang tantangan. Siang menjelang sore waktu terbaik untuk mengeluarkan seluruh kreativitas. Jika pagi hari pekerjaan ringan sudah selesai, mulai siang bisa semangat melakukan pekerjaan lebih berat atau menantang.

Berolahraga atau setidaknya berjalan
Olahraga membuat darah mengalir lancar ke seluruh tubuh hingga otak. Ini positif bagi kesehatan, dan berolahraga ringan atau sekedar berjalan ke luar ruangan bisa mengusir rasa kantuk.

Atasi stres
Seringkali ketika merasa lelah karena stres, rasa kantuk bisa melanda. Cobalah ambil waktu rehat sejenak untuk sekedar menenangkan pikiran dan menyegarkan tubuh. Mengatur meja kerja agar tampak lebih rapi dan terang juga bisa mengurangi stres.

Minum banyak air mineral sepanjang hari
Air mineral selain baik bagi tubuh juga bisa menyegarkan. Tidak masalah jika ingin minum selain air mineral, asalkan tidak terlalu banyak minum minuman manis yang bisa memancing rasa kantuk.

Jika masih tetap sering mengantuk, mungkin ada masalah lain yang cukup serius pada tubuh. Segeralah konsultasikan ke dokter. Dan jangan lupa, kualitas tidur kita dimalam hari juga menentukan mudah tidaknya kita terserang kantuk saat bekerja siang harinya. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply