Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Jenis Orang Beracun Ini Harus Kamu Hindari di Tempat Kerja

Topcareer.id – Seribu teman, kurang; punya satu musuh, terlalu banyak. Begitu kata pepatah. Memiliki banyak teman di tempat kerja bisa memberi keuntungan dan baik bagi perkembangan kariermu.

Namun kamu tetap harus berhati-hati dalam memilih teman di kantor. Karena akan selalu ada teman tidak baik di manapun kamu bekerja.

Dikutip dari Coburgbanks.co.uk, Senin (23/09/2019), orang-orang berperangai buruk dan penyebar racun ini mungkin terlihat bisa dipercaya dan baik. Tetapi mereka bisa mempengaruhi prospek kariermu (baik sengaja atau tidak sengaja). Dan mereka akan selalu ada di semua jenis kantor dan industri.

Berikut ini beberapa contoh jenis teman beracun yang sebaiknya kamu hindari.

Gossipers
Berhati-hatilah. Bagi mereka tidak ada hal untuk dibicarakan selain bergosip tentang orang lain. Mungkin di depan kamu ia akan bercerita kejelekan orang lain. Tapi hati-hati, kamu juga bisa jadi bahan gosipnya untuk dibicarakan dengan orang lain di belakangmu. Pastikan kamu tidak memberi tahu mereka apa pun tentang dirimu.

Pembohong
Mereka biasanya berbohong kepada atasan tentang prestasinya palsunya. Bahkan untuk mendukung kebohongannya bisa saja dirimu yang tidak tahu apa-apa bisa terlibat dalam kisah bohongnya demi menarik perhatian atasan pada dirinya. Rajinlah mencatat setiap pencapaianmu agar saat berita bohong mengenai prestasimu beredar kamu bisa membuktikannya.

Control freaks
Sangat sulit bekerjasama dengan orang semacam ini di kantor. Mereka akan selalu mencoba untuk menguasai dan memimpin dalam segala hal dan ingin semuanya berjalan seperti mereka inginkan. Ini bisa membuat frustasi jika kamu tidak diterima untuk membawa ide dan saranmu dalam menjalankan pekerjaan.

Pengeluh
Mereka mungkin memiliki posisi bagus di kantor dengan gaji dan tunjangan besar tetapi mereka masih tidak bahagia dan tetap mengeluh. Ini bisa menciptakan lingkungan yang negatif. Dijamin jika kamu bergaul dengan pengeluh cukup lama, akhirnya kamu akan menjadi pengeluh juga. Kamu punya dua pilihan. Batasi waktu habiskan bersama pengeluh atau tetap kuat dan cobalah untuk mempertahankan sikap positif.

Sombong
Ketika orang-orang seperti ini dipromosikan, mereka bisa besar kepala dan merendahkan rekan kerja lain. Mereka lupa bahwa mereka pernah berada di posisi yang sama dengan karyawan lainnya. Kamu harus tetap fokus pada pengembangan dirimu.

Iri
Orang iri tidak pernah bisa bahagia untuk orang lain dan menghabiskan hidup mereka menginginkan apa yang dimiliki orang lain. Terlalu banyak orang seperti ini di dunia kerja. Alasan mengapa mereka cemburu biasanya karena orang di sekelilingnya selalu terlihat baik-baik saja. Cara terbaik menghadapinya biarkan mereka lelah sendiri pada kenegatifan mereka.

Habiskanlah waktumu bersama orang-orang yang akan mendorong dan menginspirasimu dalam semua aspek kehidupan. Dan ingatlah selalu orang beracun biasanya tidak akan pernah bahagia. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply