Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Begini Cara Bangun Hubungan Baik di Tempat Kerja

Topcareer.id – Di manapun kamu bekerja, penting untuk membangun sebuah hubungan baik dengan siapa saja, entah atasan, rekan kerja atau klien.

Mengutip Techrepublic.com, Senin (23/09/2019), ada beberapa hal berharga dalam menjaga hubungan positif di tempat kerja. Ini tidak memerlukan banyak biaya seperti menggelar acara gathering ke luar kota. Semua hal ini bisa membantu menjaga roda bisnis berputar secara sehat dan produktif.

Saling sopan santun
Bertukar senyum dan menyapa “Hai” yang sederhana merupakan langkah pertama dalam membentuk tempat kerja konstruktif. Lakukan kontak mata dan sebut nama orangnya. Ini tidak berarti kamu harus ngobrol sambil minum kopi selama satu jam. Selain itu perlu diingat kehidupan kantor sama seperti memiliki teman sekamar. Saling menghargai dan sopanlah satu sama lain.

Komunikasi efektif
Pelajari siapa rekan kerja paling berhasil dalam berkirim pesan, telepon, atau kunjungan langsung. Lakukan komunikasi efektif pada mereka. Beberapa orang lebih suka suka berbicara melalui pesan singkat. Dan orang lain ada juga lebih menyukai bicara langsung atau melalui panggilan telepon.

Hormati waktu orang lain
Lakukanlah bisnis dengan kolega atau klien setelah membuat janji dengan mereka untuk saling menentukan waktu yang nyaman. Garis antara pekerjaan dan kehidupan pribadi seseorang harus dihormati.

Bantu dirimu sendiri
Bekerja keras memang baik, namun bukan berarti kamu harus bekerja sendiri. Ajukanlah bantuan pada anggota tim atau tim lain untuk mengerjakan sesuatu yang memang berat untuk kamu selesaikan. Selain membuat dirimu tidak tampak egois, permintaan bantuan akan membuat mereka merasa dihargai. Namun harus diingat ajukanlah permintaan bantuanmu dengan baik-baik dan sopan.

Tetap pada level mu
Perlakukanlah semua rekan kerja di kantor dan klien sama baiknya. Kamu tidak akan pernah tahu bisa jadi suatu saat orang yang posisinya di bawahmu bisa menjadi atasanmu. Tetaplah ramah (atau paling tidak netral) dengan semua orang merupakan kebijakan terbaik.

Jangan banyak mengeluh
Mengeluh tentang pekerjaan hanya menumbuhkan budaya tidak sehat. Jika ada sesuatu yang kamu bisa lakukan, lakukanlah. Jika tidak, tangani dengan cara yang paling sehat. Kamu bisa mencoba minta bantuan baik-baik pada rekan kerjamu.

Bersikap baik pada karyawan baru
Bantulah karyawan baru di tempat kerjamu menjadi merasa diterima. Janganlah bertingkah seolah-olah kamu senior dengan perasaan terancam akan kehadiran karyawan baru tersebut. Ingatlah dulu kamu juga pernah menjadi karyawan baru. Bersikap baiklah dan tawarkanlah bantuan padanya.

Jangan melempar tanggung jawab
Akuilah dengan besar hati jika melakukan kesalahan. Minta maaf dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi lebih baik daripada terus membela diri dan melemparkan tanggung jawab pada rekan kerja lain yang mungkin tidak tahu apa-apa mengenai kesalahan hasil perbuatanmu.

Selalu follow up
Saat kamu sudah menyelesaikan tugas yang melibatkan beberapa pihak. lakukanlah follow up ke mereka dengan mengirim pesan. Tanyakan bagaimana perkembangan hasil pekerjaan yang sudah dilakukan bersama. Hal ini bisa memperkuat hubungan antar rekan kerja hingga klien luar kantor. Ini menunjukkan kepedulianmu, dan kamu juga menunjukkan kamu tidak hanya memanfaatkan mereka. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply