Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Rumah di Bekasi? Ibu Bekerja Wajib Lakukan Ini Sejak Fajar

Topcareer.id – Bagi wanita bekerja dan berkeluarga, apalagi mempunyai anak yang masih kecil, tentu tidak mudah membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga. Tetapi hal itu tetap harus dijalani karena kewajiban sebagai wanita yang telah menjadi ibu. Seorang ibu bekerja harus memperhatikan keadaan keluarga dan juga harus tetap fokus pada pekerjaannya.

Sebagian orang bekerja dengan jarak yang dekat dengan rumah, tetapi sebagian lagi harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk menuju ke kantor mereka, seperti misalnya saja jarak dari Bekasi, Tangerang atau dari Bogor ke Jakarta. Untuk sampai ke ke tempat kerja membutuhkan waktu yang tidak sedikit, bisa dua hingga tiga jam perjalanan.

Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan di rumah untuk kita seorang ibu yang bekerja dengan jarak yang jauh dari kantor? Dan Bagaimana kita mengatur semua hal yang berhubungan dengan anak kita dan juga urusan rumah tangga?

Berikut adalah hal yang perlu ibu bekerja persiapkan setiap hari sebelum berangkat kerja.

Bangunlah lebih awal. Untuk mempersiapkan semua hal yang berhubungan dengan rumah tangga sangatlah baik dilakukan di pagi hari. Usahakan bangun pada jam 4 atau paling lambat jam 5 pagi.

Atur jadwal rutinitas. Sebagai seorang ibu yang bekerja dan juga mengurus semua urusan keluarga tentu harus membuat jadwal yang teratur agar tidak kewalahan. Dengan adanya jadwal harian memudahkan kita dalam mengatur waktu. Misalnya kita membuat list daftar jam dan kegiatan yang perlu kita lakukan seperti ini; jam 04.00-05.00: bangun tidur, salat Subuh, dan mandi; jam 05.00-06.00: memasak, menyiapkan sarapan, membangunkan anak, beberes rumah (bagi yang tak punya asisten rumah tangga); jam 06.00: berangkat ke kantor.

Mintalah bantuan orang lain. Kita tidak bisa melakukan semua hal sendirian, terlebih jika kita mempunyai seorang anak yang masih kecil. Kita membutuhkan orang lain untuk membantu kita mengurus dan menjaga anak selama kita bekerja. Kamu bisa meminta bantuan orangtua kita, atau tetangga, kerabat, atau asisten rumah tangga.

Pilih transportasi yang tepat. Sangat penting untuk mengatur jarak tempuh ke kantor dan moda transportasi apa yang tepat mencapainya. Mana yang lebih cepat sampai? Naik kereta, bus AC biasa, bus Transjakarta, feeder busway yang mewah, atau kendaraan pribadi? Pikirkan pula bujet untuk transportasi dan kenyamanan kamu. Jika naik kereta membuat pengeluaran lebih hemat, apakah sepadan dengan segala desak-desakan dan himpitan yang terjadi saban pagi?

Hal-hal di atas harus kamu lakukan sebagai ibu bekerja yang tinggal jauh dari tempat kerja, misalnya di Bekasi, Tangerang atau Bogor. *

Penulis: Melisa Fitri
Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply