Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, October 24, 2019
redaksi@topcareer.id
SekolahTips Karier

Tips Guru Hadapi Murid Nakal di Kelas

Views

Topcareer.id – Semua guru pasti pernah mengalami keadaan dimana beberapa siswanya memberontak, susah diatur, dan sering ribut dengan temannya.

Keadaan kelas yang kurang kondusif seperti ini membuat para guru kesulitan menyampaikan pelajaran dengan baik. Alhasil, kegiatan belajar mengajar pun jadi tidak maksimal.

Lalu, apa yang harus dilakukan para guru untuk mengatasi kondisi ini dan membuat suasana kembali tenang dan nyaman?

Berdasarkan pengalaman penulis sebagai guru, berikut tips untuk menangani murid yang bercanda berlebihan:

Kontrol keadaan di ruang kelas

Banyak siswa yang terlalu asyik bermain di luar ruangan sehingga terkadang candaan mereka dengan teman-teman terbawa ke dalam kelas.

Karena itu, mulailah mengontrol keadaan sebelum pelajaran dimulai. Netralkan suasana kelas sehingga para siswa lebih siap untuk mengikuti pelajaran.

Beri teguran pada siswa

Jangan ragu untuk menegur siswa yang mulai bercanda dengan temannya di kelas. Lakukan dengan cara halus tanpa memojokkan sang siswa.

Selain itu, biarkan setiap siswa tahu bahwa setiap tindakan memiliki konsekuensi. Sanksinya bisa berupa pengurangan nilai dan sebagainya. Dengan begitu mereka akan berpikir dua kali jika ingin mengacau di kelas.

Temukan sumber keributan

Biasanya dalam suatu keributan, ada satu atau dua anak yang menghasut kebisingan itu. Coba dekati dan cari tahu permasalahan apa yang sedang dihadapinya.

Kamu juga bisa melibatkannya dalam tugas-tugas yang kamu berikan. Beri pujian dalam setiap perkembangan yang dia lakukan, sehingga sang siswa akan merasa diapresiasi dan jadi lebih semangat untuk belajar.

Penulis: Melisa Fitri
Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply