Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Merasa Diacuhkan? Ini Cara Instan Mendapat Respect di Tempat Kerja

Topcareer.id – Akan lebih sulit mencapai apa yang kamu inginkan di kantor saat kamu tidak memiliki rasa hormat dari orang lain. Bisa jadi karena kamu masih staf junior, atau mungkin kamu berada pada divisi yang kurang tersorot pada sebuah perusahaan.

Jangan biarkan hal semacam ini menghalangimu untuk mendapat respect dari orang lain. Kamu mungkin tidak memiliki kendali atas usia, pengalaman, atau bagaimana orang lain memandangmu, tetapi kamu memiliki kendali atas perilakumu.

Dikutip dari Forbes.com, Rabu (25/09/2019), perilaku baik dampaknya pada orang lain sangat kuat. Berikut ini ada beberapa cara untuk mendapatkan respect di tempat kerja agar kamu bisa mendapatkan rasa hormat untuk mendorong perkembangan karier.

Belajar mendengarkan
Kebanyakan orang tidak mendengarkan dengan maksud untuk mengerti. Mereka mendengarkan dengan maksud untuk membalas. Saat orang menyampaikan pendapatnya padamu, dengarkanlah dan pahami. Ketika orang merasa telah didengar dan dipahami mereka akan menghormatimu.

Ajukan pertanyaan
Perhatikanlah, para pemimpin baik mengajukan pertanyaan untuk mengumpulkan informasi. Itu merupakan tanda ketertarikan, bukan kebodohan. Coba ajukan pertanyaan tentang proyek yang dikerjakan orang dan bagaimana cara mereka menjalaninya. Ketika kamu menunjukkan minat pada orang lain, mereka otomatis akan menghormatimu.

Tatap mata saat bicara
Sewaktu berbicara atau mendengarkan, lihat lawan bicaramu, tatap matanya. Jangan melihat ponsel atau membiarkan pandangan mata kamu berkeliaran. Fokuslah pada orang lain sehingga mereka tahu bahwa perhatianmu ada pada mereka. Buat mereka merasa dihargai dan mereka pasti respect pada kamu.

Bicara empat mata
Jika kamu seorang pemimpin dalam tim, kamu mungkin sesekali mengajak salah seorang anggota tim untuk bicara empat mata setelah meeting. Manfaatkan waktu sebelum dan sesudah meeting untuk berbicara dengan individu satu per satu. Beri mereka masing-masing kesempatan untuk menyuarakan perspektif, masalah, dan kekhawatiran mereka. Dengan begini kamu bisa lebih dihargai mereka.

Perlakukan orang lain dengan hormat
Setiap orang layak dihormati. Apakah itu CEO, resepsionis atau petugas kebersihan. Jika kamu ingin dihormati, kamu harus menghormati orang lain juga.

Beri sentuhan
Coba jabat tangan orang saat menyapa atau memberi selamat kepada seseorang dan tambahkan gesture untuk menyentuh bahu atau lengan orang tersebut. Efek sentuhan baik sangat kuat. Ini cara untuk berempati dan mengembangkan koneksi lebih dalam. Sentuhan semacam ini bukan tanda dominasi, itu tanda koneksi yang dapat membuatmu dihormati.

Tersenyum
Untuk mendapatkan rasa hormat kamu tidak harus serius setiap saat. Tersenyum mengingatkan orang bahwa kamu juga manusia biasa. Tersenyum dapat membuat orang merasa nyaman dan membantu mengembangkan hubungan lebih dalam dengan orang lain.

Itulah beberapa tips simple yang kamu bisa coba lakukan agar kamu bisa mendapat lebih banyak respect dari orang lain di tempat kerja. Jadilah orang baik yang pantas untuk menerima respect. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply