Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, October 24, 2019
redaksi@topcareer.id
SekolahTips Karier

5 Tips Membuat Suasana Belajar-Mengajar Menyenangkan

Views

Topcareer.id – Sebagai seorang guru, menyampaikan materi pelajaran kepada siswa terkadang membutuhkan strategi tersendiri. Terutama jika mata pelajaran yang kamu sampaikan tergolong berat.

Sesekali, perlu rasanya untuk sedikit berimprovisasi ketika memberi materi kepada siswa. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat suasana belajar-mengajar jadi menarik dan tidak membosankan;

Hubungkan materi pelajaran dengan kehidupan mereka

Melakukan hal ini akan membuat siswa paham pentingnya mempelajari materi yang kita berikan. Jika siswa bertanya, cobalah jawab dengan mencontohkan hal-hal yang biasa terjadi di sekitar mereka.

Gunakan teknologi

Manfaatkan teknologi dalam pembahasan materi pelajaran. Misalnya memberi kuis dengan menggunakan komputer/tablet, atau meminta mereka melakukan riset menggunakan bantuan internet. Gunakan metode kerja kelompok supaya kelas semakin menyenangkan.

Sisipkan game di dalam strategi pengajaran

Semua orang menyukai game. Jadi tidak ada salahnya menyisipkan game di sela pembelajaran. Hal ini akan membuat siswa tidak merasa sedang belajar, namun jadi lebih memahami materi yang disampaikan.

Baca juga: Tips Guru Hadapi Murid Nakal Di Kelas

Interaktif

Ketimbang membiarkan kelas hening dan rawan kantuk, lebih baik hadirkan suasana belajar-mengajar yang interaktif. Kamu bisa mencoba metode pembelajaran kooperatif jigsaw dimana siswa bekerja sama sebagai tim untuk belajar dan menyelesaikan tugas.

Libatkan mereka dalam penyampaian materi

Terakhir, kamu dapat membuat papan kosong untuk diisi setiap siswa. Bebaskan mereka membuat menu, subjek, dan topik-topik yang berhubungan dengan pelajaran. Metode ini akan membuat siswa tertarik dan merasa turut terlibat.

Penulis: Melisa Fitri
Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply