Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Skills.idTren

Custom Painting Ternyata Cukup Pakai Bahan-Bahan Sederhana

Topcareer.id – Melukis di media totebag, jaket, topi bahkan sepatu sebenarnya tidak sulit. Apalagi ketika kamu sudah tahu bahan-bahan apa saja yang diperlukan. Mulai dari cat akrilik sebagai bahan dasar, sampai medianya.

Co-Founder Ornare Industry (brand custom painting), Shavierra Arvinda menyampaikan bahan-bahan dasar custom painting untuk semua media itu sama saja, yakni cat akrilik. Cuma, bedanya kalau untuk media yang berbahan dasar kulit, cat akriliknya harus khusus.

“Kenapa khusus? Soalnya beda. Kalau untuk kulit itu beda cara paintingnya, kalau kulit itu harus lebih cair. Materialnya lebih mahal, catnya lebih mahal, furnishnya lebih mahal, tahapannya lebih banyak,” ujar Vierra kepada Topcareer.id di acara Art and Craft Expo 2019, Food Centrum Sunter, Jakarta, Rabu (25/9/2019).

Memang, tahapan melukis akrilik di media kulit dinilai lebih sulit, mulai dari awal hingga finishing. Sebelum mulai lukis, bahan kulit perlu dibersihkan dulu dengan aseton, agar pori-pori bisa terbuka dan cat menyerap dengan sempurna.

Lalu, saat melukis catnya pun berbeda. Dikhawatirkan jika melukis di media kulit dengan cat akrilik biasa, setelah kering hasil lukisannya jadi mudah rusak retak-retak. Itu mengapa furnishing dengan bahan cat khusus wajib dilakukan.

“Perbandingannya emang jauh banget (melukis media kulit dan kanvas). Furnishnya dari brand (cat akrilik) tapi khusus kulit. Sementara, yang nggak kulit itu enggak ada tahap difurnish,” tambahnya.

Selain cat, kuas menjadi tool yang wajib dimiliki. Kuas ini terbagi menjadi beberapa jenis dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing.

“Kuas dibagi dua, kuas detail sama kuas blocking. Belinya bisa di toko-toko khusus jual barang-barang seni. Kalau untuk warna cat, beli yang primer biasanya, seperti merah, biru, kuning, putih, hitam. Jadi bisa dicampur bikin macam-macam warna.” ujarnya.

Editor: Feby Ferdian

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply