Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Cerdas Hadapi Tekanan Kerja di Kantor

Topcareer.id – Tekanan sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Jika kamu orang dengan mindset positif, tekanan justru bisa kamu jadikan tantangan menarik untuk dirimu. Dan kamu akan bisa membuktikan pada orang lain kalau kamu mampu mengatasi tekanan secara efektif.

Melansir Business2community, Jumat (27/09/2019) beberapa cara berikut bisa kamu terapkan sehingga kamu bisa tunjukkan pada atasan dan rekan kerjamu bagaimana kamu mengatasi segala macam tantangan kerja serta mengesankan mereka.

Keep calm
Pertahankan sikap tenang apapun kondisinya. Hal semacam ini memerlukan latihan. Semakin banyak kamu berlatih akan semakin baik. Karena sikap tenang menunjukkan bahwa kamu tidak gegabah dan memiliki kemampuan untuk mengambil langkah serta menyelesaikan tugas dalam keadaan sulit.

Stay focus
Meskipun saat itu banyak distraksi membuatmu stres, jagalah pikiranmu untuk tetap fokus dalam menyelesaikan tanggung jawab pekerjaanmu. Kamu akan terlihat sangat profesional.

Bantu orang lain
Jika kamu sudah menyelesaikan suatu pekerjaan dan menemui rekan kerjamu sedang kesulitan, bantulah mereka segera tanpa ragu. Selain kamu akan mendapatkan efek baiknya nanti, ini juga menunjukkan dirimu layak menjadi pemimpin yang baik.

Hindari drama dan tetap positif
Jangan pernah mau terlibat dalam sebuah pertengkaran. tetap cari kesibukan agar kamu tetap fokus dan berpikiran positif. Jika kamu terlalu lelah, jangan ciptakan drama. Sebaiknya kamu rehat sejenak, tarik napas dalam, saat sudah tenang lanjutkan pekerjaan dengan pikiran jernih.

Tidak gengsi meminta bantuan
Perhatikan jika ada suatu pekerjaan diluar batas, segeralah cari bantuan untuk mensupport kamu. Ini sebagai bentuk kamu selalu ingin menunjukkan bahwa menangani masalah harus dilakukan dengan segera. Dan bantuan yang kamu minta bisa meringankan tugas beratmu sehingga kamu tetap dapat berpikir jernih di bawah tekanan

Istirahat
Gunakan jam istirahat dengan optimal. Istirahatlah ke luar ruangan untuk mendapatkan udara segar dan meregangkan tubuh kaku karena sibuk bekerja. Memaksakan diri bekerja terus menerus apalagi dengan multitasking dan mengabaikan waktu istirahat tidak akan membuatmu terlihat profesional dan itu justru menurunkan produktivitasmu.

Bergabung dalam proyek setiap ada kesempatan
Perusahaan terkadang memerlukan bantuan saat menjalankan sebuah proyek. Ajukan dirimu dengan sukarela untuk membantu proyek tersebut. Ini menunjukkan kemampuanmu untuk bisa fleksibel bekerja dan kamu juga memperlihatkan pada atasan bahwa kamu berani untuk keluar dari zona nyamanmu untuk berkembang.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply