Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Rasa Bosan Ternyata Bikin Kreatif, Ini Sebabnya

Topcareer.id – Kalau kamu sedang merasa bosan, bisa jadi sebentar lagi kamu akan mendapat ide cemerlang. Studi yang diterbitkan di jurnal Academy of Management Discoveries menemukan bahwa kebosanan bisa memicu produktivitas dan kreativitas.

Dalam studi tersebut, orang-orang yang telah mengerjakan tugas yang memicu kebosanan (semisal secara sistematis menyortir semangkuk kacang berdasarkan warna, satu per satu), berkinerja lebih baik pada tugas yang menghasilkan gagasan, daripada rekan-rekan yang pertama kali menyelesaikan kegiatan kreativitas (seperti kegiatan kerajinan tangan).

Temuan-temuan itu mungkin tidak mengejutkan bagi Sandi Mann, seorang dosen psikologi senior di University of Central Lancashire di Inggris.

“Kebosanan adalah pencarian stimulasi saraf yang tidak puas. Jika kita tidak dapat menemukan itu, pikiran kita akan menciptakannya,” kata penulis The Upside of Downtime: Why Boredom Is Good itu, dikutip dari Time, Sabtu ( 28/9/2019).

Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian-penelitian sebelumnya, lahirnya kreativitas bisa dipicu dengan membiarkan pikiran berkelana dan melamun saat kebosanan melanda.

“Tidak ada cara lain untuk mendapatkan rangsangan itu, jadi kamu harus lebih masuk ke dalam pikiranmu. Kamu mungkin terkejut dengan apa yang kamu pikirkan ketika melakukannya.” ujarnya.

Editor: Feby Ferdian

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply