Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Tips Scoring Film dari Sang Maestro, Hans Zimmer

Topcareer.id – Nama Hans Zimmer bukan lagi nama asing di telinga para komposer film. Pelaku scoring film yang masih muda tentu menanti nasihat darinya.

Beruntung, dikutip dari laman Master Class, Minggu (29/9/2019), komposer pemenang Academy Award untuk film-film seperti Pirates of the Caribbean, Interstellar, hingga The Dark Knight ini mau berbagi kiat dalam menyusun skor film. Yuk, simak baik-baik.

Mulai dari yang sederhana

Proses dimulai dengan nada yang sederhana. Sebagai komposer, tugasmu adalah menciptakan tema orisinal namun mampu menopang keseluruhan cerita.

Tema tersebut harus menceritakan kisah paralel yang ingin disampaikan oleh sutradara, bukan hanya sebagai konsep saja. Gunakan ini sebagai batasan, tetapi cobalah untuk bebas berkespresi ketika akan menentukan tema.

Biarkan karakter film menginspirasi tema musikmu

Coba pahami perjalanan para karakter yang ada di dalam film tersebut. Termasuk saat mereka menghadapi tantangan atau hambatan. Itu akan sangat membantu imajinasimu menemukan tema musiknya.

Semua kembali ke tangan sutradara

Film tidak dibuat oleh panitia. Tugasmu adalah mengikuti arahan sutradara untuk menciptakan visi musik bersama.

Dalam bekerja, Hans selalu memulai percakapan dengan sutradara sedini mungkin dan membiarkan percakapan itu memberinya informasi bagaimana musik akan membentuk cerita.

Editor: Feby Ferdian

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply