Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Coding Mum Tingkatkan Penyerapan Tenaga Kerja Nasional

Topcareer.id – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar Coding Mum 2019 sebagai langkah pemerintah mencapai sasaran strategis penyerapan tenaga kerja sektor ekonomi kreatif nasional. Coding Mum kali ini diselenggarakan di Pondok Pesantren Assalam Surakarta, Solo mulai 27 September hingga 3 Oktober 2019 dengan diikuti oleh 80 santri dan pengasuh pondok pesantren. Sehari sebelumnya telah dilaksanakan Training of Trainer (ToT) bagi para asisten mentor lokal yang dipersiapkan untuk membantu mentor utama selama proses pelatihan.

Coding Mum tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, selain menyasar kalangan ibu rumah tangga, penyandang disabilitas dan buruh migran, tahun ini Coding Mum juga menyasar santri di lingkungan pesantren. Sejak awal tahun 2019, Coding Mum Pesantren juga telah diselenggarakan di beberapa pesantren lainnya, yaitu Pondok Pesantren Minnatul Huda (Purwakarta), Sirna Miskin (Bandung), Tebu Ireng (Jombang) dan Unnida Gontor (Ponorogo).

“Jika sebelumnya Coding Mum hanya memfasilitasi 18 hingga 20 peserta baik itu kelompok ibu rumah tangga, penyandang disabilitas ataupun buruh migran, pada 2019 ini Bekraf melakukan pengembangan konsep dengan menargetkan santri pesantren sebagai peserta Coding Mum,”ujar Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif, Poppy Savitri pada pembukaan Coding Mum Pesantren di Kota Solo, Jumat (27/9).

Poppy menambahkan, selain pelebaran kategori peserta, Coding Mum juga menggarap konsep pembelajaran baru yang telah disempurnakan dan mampu mengakomodir lebih banyak peserta. Upaya ini dilakukan sebagai langkah pemerintah mencapai sasaran strategis nasional dalam meningkatkan penyerapan tenaga kerja nasional. Ia berharap dengan konsep baru ini Bekraf melalui coding mum bisa mempersiapkan sdm pesantren yang siap terjun ke industri kreatif.

Kota Solo dijadikan lokasi penyelenggaraan Coding Mum Pesantren karena kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian menuju event tahunan terbesar Bekraf, yaitu Bekraf Festival. Bekraf Festival merupakan ajang penyampaian capaian kinerja Bekraf kepada masyarakat yang diselenggarakan setiap tahun.  Laporan kinerja ini dikemas menarik beberapa di antaranya dalam bentuk showcase, seni pertunjukan, program pengembangan kapasitas seperti seminar, workshop dan training. Pada kegiatan ini juga hadir pasar kreatif yang merupakan wadah pelaku ekraf memonetisasi karya kreatif yang telah diciptakan.

Pada Bekraf Festival 2019, Coding Mum hadir sebagai salah satu program talkshow interaktif yang membahas lebih detil tentang program coding mum. Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan Bekraf untuk meluncurkan Coding Mum Pesantren dan Coding Mum Panti Asuhan secara resmi di tahun ini.

Coding Mum akan hadir di Bekraf Festival pada 4-6 Oktober 2019 mendatang di Benteng Vastenburg, Solo. Lewat event ini Bekraf membuat wadah untuk mempertemukan para alumni coding mum dari berbagai kota bahkan alumni coding mum Hongkong untuk saling bersilaturahmi dan berbagi pengalaman yang telah diperoleh setelah mengikuti program pengembangan kapasitas Bekraf.

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply