Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 27, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Manfaat Minum Air Saat Bekerja, dan Berapa Banyak Mesti Kita Minum?

Topcareer.id – Sebagian besar isi badan kita terdiri dari air-sekitar 60 persen tepatnya. Tubuh kita sangat bergantung pada air, karena air membantu membawa nutrisi ke sel-sel tubuh dan mengeluarkan racun melalui organ vital. Tapi apakah manfaat air minum di tempat kerja?

Sebagian tahu manfaatnya, sebagian lagi mengabaikan manfaat minum air minum saat bekerja. Padahal, selain bermanfaat untuk membuat kita tetap hidup, air juga membuat kita lebih produktif di tempat kerja. Lho, kok bisa?

Dengan menjaga diri kita tetap terhidrasi di tempat kerja membantu kita lebih produktif dengan cara berikut seperti dilansir dari Blue collar People.

1.Peningkatan energi. Dehidrasi menyebabkan tubuh lemah dan dan mudah lelah. Ini bisa menyebabkan kamu menjadi lamban baik secara fisik maupun mental. Dehidrasi sangat umum terjadi pada pekerjaan yang membutuhkan banyak gerakan yang menyebabkan tubuh berkeringat. Maka dianjurkan minum air secara teratur agar tubuh menjadi segar dan berenergi untuk meningkatkan produktivitas kerja.

2. Memperbaiki fungsi otak. Otak kita sekitar 75 persen berisi air, yang berarti dehidrasi memiliki efek langsung pada fungsinya. Efek dehidrasi pada otak yang bisa kamu rasakan adalah seperti penurunan kewaspadaan, reaksi yang lambat, serta berkurangnya rentang perhatian. Dengan menjaganya tetap terhidrasi memastikan bahwa otak kita berfungsi dengan efektif.

3. Mengurangi stres. Dengan menjaga agar tetap terhidrasi memastikan bahwa kadar kortisol (hormone pemicu stres) tetap terjaga. Ketika kamu stres di tempat kerja kamu tidak hanya mengganggu kinerja kamu sendiri, tetapi juga orang yang bekerja denganmu sebagai tim.

Suasana hati membaik. Jika kamu mengalami sedikit dehidrasi saja bisa langsung mempengaruhi suasana hatimu. Dengan meminum air yang cukup, dapat membuat suasana hati kamu baik. Akhirnya kamu memiliki hubungan baik dengan rekan kerja.

4. Mencegah sakit kepala. Jika kamu mengalami sakit kepala sehingga tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik, berarti kamu terkena dehidrasi. Dehidrasi mengurangi aliran darah dan oksigen ke otak yang dapat menyebabkan sakit kepala dan juga migrain, sehingga membuat kamu bekerja kurang optimal.

Berapa banyak air yang harus kamu minum?

Kedokteran telah menganjurkan untuk memberi tubuh kita dengan 2-3 liter sehari. Pria diharuskan minum lebih banyak daripada wanita. Sebagian air akan kita dapatkan pada makanan kita, sayuran, buah-buahan dan minuman.

Kamu juga bisa mengetahui apakah asupan air pada tubuhmu cukup dengan melihat warna dari urine-mu sendiri. Jika urine berwarna kuning muda atau tidak berwarna berarti asupan air cukup. Tetapi jika urine-mu berwarna kuning gelap berarti kamu harus banyak minum air.

Kiat untuk memastikan kamu cukup minum air

Minum air putih selalu terlintas dalam benak terutama jika kita merasa haus. Untuk mencegah dirimu terkena dehidrasi gunakan tips berikut ini:

a. Bawalah air selalu bersamamu. Bawalah air dalam botol ke manapun kamu pergi.

b. Menentukan jumlah air yang diminum. Tentukan jumlah air yang ingin kamu minum per hari dan buat jadwal sederhana untuk meminumnya. Setel pengingat agar tidak lupa.

c. Masukkan buah-buahan atau sayuran ke dalam minumanmu. Air terkadang rasanya tidak enak, tambahkan sedikit rasa jika kamu ingin meminumnya.

Penulis : Melisa Fitri.
Editor: Ade Irwansyah

Tinggalkan Balasan