Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

10 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental dan Fisik Kamu (Bag. 1)

Topcareer.id – Tentu sudah banyak dari kamu yang mendengar tentang yoga, atau mungkin kamu pernah mencobanya. Latihan yoga yang konsisten memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita, lho. Yakni manfaat kesehatan mental dan fisik.

Beberapa di antaranya ialah, peningkatan fleksibilitas, kejernihan mental dan juga dapat mengurangi stres.

Ketika dipersatukan semua manfaat itu, berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraan. Dari sinilah mengapa sangat banyak orang melakukan yoga.

Beberapa keuntungan yang akan kamu dapat jika melakukan yoga seperti dilansir dari Verywellfit sebagai berikut.

Bagian pertama dari dua tulisan.

1.Meningkatkan fleksibilitas
Dengan menggerakkan dan meregangkan tubuhmu dengan beryoga maka akan membantu menjadi lebih fleksibel. Seiring waktu kamu bisa mendapatkan kelenturan di paha belakang, punggung, bahu dan juga pinggul. Seiring bertambahnya usia fleksibilitas kita juga akan menurun. Terutama jika kamu menghabiskan banyak waktu untuk duduk, yang mana menyebabkan rasa sakit karena kurang gerak. Maka yoga dapat membantu membalikkan proses ini.

2. Membangun kekuatan diri
Banyak pose pada yoga yang mengharuskanmu menanggung berat tubuh dengan cara tertentu, termasuk menyeimbangkan diri dengan satu kaki (seperti dalam pose pohon) atau menopang dirimu dengan lengan. Dengan pose seperti ini bisa membantu membangun kekuatan otot.

3. Menguatkan otot
Yoga membantumu dalam pembentukan otot yang panjang dan ramping pada kaki, lengan, punggung dan perut.

4. Meningkatkan Keseimbangan
Dengan yoga keseimbangan dapat ditingkatkan, dengan seiring bertambahnya usia, pose di mana kamu berdiri dengan satu kaki adalah cara yang bagus untuk membangun kekuatan inti.

5. Meningkatkan kesehatan
Gerakan yang dilakukan dalam yoga juga memiliki efek samping rendah. Kamu bisa menggerakkan sendi tanpa melukai sendi itu sendiri. Yoga justru membantu memperkuat sendi-sendimu. Untuk orang yang menderita artritis terdapat peningkatan yang nyata dalam rasa sakit dan mobilitas mereka dengan latihan yoga secara lembut dan teratur. *

Penulis: Melisa Fitri
Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply