Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Info Beasiswa

Waspada! Ini Tanda-Tanda Penipuan Beasiswa

Topcareer.id – Tidak cuma kuis saja yang bisa rentan penipuan, penerimaan beasiswa juga bisa jadi kedok penipuan. Sebelum kamu bahagia dapat pesan meraih beasiswa bahkan sampai ke luar negeri, ada baiknya kamu kenali beasiswa bohongan yang bisa dilihat dari tanda-tandanya.

“Dijamin atau uang Anda kembali!”

Dilansir dari laman College Scholarsip bahwa tidak ada perusahaan yang dapat menjamin bahwa kamu akan menerima beasiswa – selamanya. Satu-satunya orang yang dapat menjamin bahwa kamu akan menerima beasiswa adalah anggota komite beasiswa – ketika mereka memberi tahu bahwa kamu menang.

Perusahaan-perusahaan yang curang mungkin berjanji bahwa mereka bisa memberimu beasiswa, tetapi “jaminan” mereka mungkin harus melewati banyak persyaratan yang  sulit untuk kamu penuhi. Jika ada yang berjanji untuk memberi beasiswa, maka kamu perlu waspada.

“Kamu terpilih!”

Ini hanya kata-kata yang ingin kamu dengar–ketika kamu sudah mengajukan permohonan beasiswa. Namun, ketika belum mengajukan permohonan beasiswa tetapi menerima email atau surat yang memberi tahu bahwa kamu mendapatkannya, itu adalah tanda peringatan besar bahwa kamu berurusan dengan penipuan.

Biasanya, perusahaan hanya ingin mengumpulkan informasi pribadi atau mendapatkan uang darimu. Ingat, kamu hanya dapat memenangkan beasiswa yang sah ketika benar-benar mengajukannya.

“Itu hanya membutuhkan biaya sekian”

Seperti disebutkan di atas, mencari atau mengajukan beasiswa tidak boleh menghabiskan biaya. Ya mungkin ada. Namun, itu biaya untuk membantumu melakukan pencarian, tetapi layanan ini hanya memiliki akses ke informasi yang tersedia secara bebas. Ketika ada upaya penagihan untuk setiap informasi atau tagihan untuk “hold” beasiswa, maka itu bentuk penipuan.

“Kami memiliki akses eksklusif”

Tidak ada yang memiliki akses eksklusif ke informasi beasiswa. Semua informasi tentang beasiswa dapat ditemukan secara online secara gratis. Siapapun yang mengklaim memiliki akses ke basis data rahasia, berbohong dan kemungkinan mencoba menagih uang untuk memperoleh informasi “eksklusif”.

Dalam banyak kasus, perusahaan-perusahaan ini tidak pernah benar-benar memberikan informasi sama sekali – mereka hanya mengambil uang dan kamudian kabur.

“Kamu terima beres”

Tidak ada perusahaan yang dapat melakukan semua pekerjaan untukmu. Yang bisa mereka lakukan adalah memberi daftar beasiswa potensial yang dapat diajukan. Kamu harus mengisi dan mengirimkan semua aplikasi sendiri. Perusahaan yang mengklaim “melakukan semua pekerjaan untuk Anda” hanya mencoba membebankan biaya untuk pencarian Google. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply