Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

10 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental dan Fisik Kamu (Bag. 2)

Dok. Yoga Journal

Topcareer.id – Tentu sudah banyak dari kamu yang mendengar tentang yoga, atau mungkin kamu pernah mencobanya. Latihan yoga yang konsisten memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita, lho. Yakni manfaat kesehatan mental dan fisik.

Beberapa di antaranya ialah, peningkatan fleksibilitas, kejernihan mental dan juga dapat mengurangi stres.

Ketika dipersatukan semua manfaat itu, berkontribusi dalam peningkatan kesejahteraa. Dari sinilah mengapa sangat banyak orang melakukan yoga.

Beberapa keuntungan yang akan kamu dapat jika melakukan yoga seperti dilansir dari Verywellfit sebagai berikut.

Bagian kedua dari dua tulisan.

6. Mencegah nyeri punggung
Banyak orang yang sakit punggung karena menghabiskan banyak waktu duduk depan komputer, atau mengendarai mobil yang bisa menyebabkan sesak di seluruh tubuh. Hal ini juga bisa diatasi dengan yoga.

7.Membuat pernapasan menjadi lebih baik
Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami nafas yang pendek, tetapi tidak banyak yang tahu bagaimana harusnya mengatur pernapasan. Lewat yoga kamu akan dilatih pernapasan yang benar dan baik yang bermanfaat untuk seluruh tubuh. Pada yoga kamu diajarkan cara untuk mengambil nafas yang dalam. Jenis napas tertentu juga dapat membantu membersihkan pernafasan dalam hidung, membantu penderita alergi. Bahkan yoga juga bisa menenangkan sistem saraf.

8. Menumbuhkan ketenangan mental
Berkonsentrasi dengan penuh perhatian pada apa yang kamu lakukan pada tubuhmu, dapat membawa ketenangan dalam pikiran. Di dalam gerakan yoga juga memperkenalkan teknik meditasi, seperti memusatkan perhatian.

9. Mengurangi stres
Aktivitas fisik dalam yoga baik untuk menghilangkan stres, karena dalam beraktivitas dibutuhkan konsentrasi penuh. Yoga bisa membantumu belajar untuk tidak memikirkan masa lalu atau mengantisipasi masa depan.

10. Meningkatkan rasa percaya diri
Melakukan yoga juga bisa meningkatkan koneksi pikiran tubuh, memberimu kesadaran yang lebih baik tentang tubuhmu sendiri. Selama yoga, kamu belajar membuat gerakan kecil dan halus untuk meningkatkan keselarasan, membuatmu terhubung dengan fisik kamu sendiri.

Dari sini kamu bisa belajar menerima keadaan tubuh apa adanya tanpa penilaian. Ini menyebabkan perasaan nyaman di tubuh kamu sendiri, serta dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Penulis: Melisa Fitri
Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply