Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, July 27, 2024
idtopcareer@gmail.com
Lifestyle

Jenis Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Otak

Topcareer.id – Selain menjaga kesehatan tubuh, olahraga juga membantu meningkatkan kesehatan otak dan mencegah demensia.

Namun, olahraga seperti apa yang paling efektif dalam meningkatkan kerja otak? Seperti dilansir dari Bustle, Senin (30/9/2019), berikut lima jenis olahraga yang bisa kamu coba.

Berlari

Dalam studi tikus 2016, latihan aerobik seperti berlari dikaitkan dengan penciptaan sel-sel otak baru di hippocampus, bagian otak yang didedikasikan untuk menyimpan ingatan dan membentuk yang baru.

Aktivitas berlari mempengaruhi kesehatan dan fungsi sinapsis antara neuron di hippocampus, yang meningkatkan komunikasi sel-sel otak di daerah tersebut.

Latihan aerobik

Dalam studi eksperimental lain, 28 siswa muda dan sehat dilibatkan program lari aerobik. Hasilnya, mereka mengalami peningkatan yang signifikan dalam kinerja memori spasial, dibandingkan yang tidak berolahraga.

Bersepeda

Satu studi menemukan bahwa aliran darah ke otak meningkat pada orang-orang yang berolahraga dengan sepeda statis.

Peningkatan ini dikaitkan dengan mekanisme yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel dan peningkatan fungsi otak.

Yoga berbasis pernapasan

Yoga yang berfokus pada pernapasan terbukti mampu mengurangi stres. Latihan ini juga memberikan manfaat besar terhadap kinerja otak.

Pada dasarnya segala jenis olahraga bantu kesehatan otak

Penelitian menemukan bahwa berolahraga setidaknya 52 jam selama sekitar enam bulan memberikan manfaat bagi otak, baik itu hanya menggunakan satu mode latihan, atau pun kombinasi dari ketiganya.

Studi ini menekankan durasi total jam yang dihabiskan selama periode waktu yang berkelanjutan daripada mode olahraganya.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply