Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Berapa Lama Waktu Tidur Siang Ideal untuk Tubuh?

Topcareer.id – Menurut penelitian, tidur siang memang baik untuk kesehatan, tapi ada batas waktu berapa lama tidur siang yang baik biar enggak bikin badan sakit. Coba tidur siang tidak lebih dari 45 menit, itu yang sehat menurut para pakar.

Neil Stanley, seorang ahli tidur independen dan penulis How to Sleep Well, memberi tahu Global News, tidur siang tidak perlu menggantikan tidur yang tidak berkualitas atau buruk dalam semalam, tidur siang singkat 20 hingga 30 menit bisa membantu.

“(Itu) dapat memulihkan kewaspadaan, meningkatkan kinerja, dan mengurangi kesalahan dan kecelakaan. Peningkatan kewaspadaan setelah tidur siang dapat bertahan selama beberapa jam,” ujar Neil dalam Global News.

Studi sebelumnya telah menunjukkan 26 menit tidur siang NASA dalam penerbangan meningkatkan kinerja sebesar 34 persen. Sementara tidur siang 60 menit dapat meningkatkan kewaspadaan hingga 10 jam, Guardian melaporkan.

Jennifer Ackerman, penulis Sex Sleep Eat Drink Dream: A Day in the Life of Your Body, mengatakan kepada situs bahwa kamu tidak boleh tidur siang selama lebih dari 45 menit. Stanley menambahkan jika tidur siangnya terlalu lama, kamu dapat menderita inersia tidur.

“Tidur inersia adalah perasaan grogi dan disorientasi yang dapat timbul saat bangun dari tidur nyenyak dan dapat berlangsung selama sekitar 15 menit hingga dua jam,” lanjutnya. “Juga, jika kamu tidur terlalu lama atau terlalu siang, ini bisa mempengaruhi tidur malammu.”

Lebih lanjut ia mengatakan, jika kamu mengalami kesulitan tidur di malam hari atau tidur sepanjang malam, maka kamu ingin menghindari tidur siang karena itu akan merampas tidur restoratif yang dibutuhkan di malam hari.

McGinn mengatakan ketika datang untuk mencari tahu berapa banyak waktu tidur siang yang dibutuhkan, juga ada baiknya memahami siklus tidur.

“Siklus tidur penuh biasanya sekitar 90 menit dan selama waktu itu kita melalui fase tidur nyenyak,” jelasnya.

“Kamu ingin menghindari tidur 30 menit terakhir karena di situlah kamu mulai memasuki fase tidur yang dalam. Kamu mungkin akan merasa seperti ‘tidur nyenyak’ jika bangun melewati titik ini jadi batasi tidur siangmu, 15 hingga 20 menit.” *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply