Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini Kemampuan yang Harus Dimiliki Pramugari Wings Air

Topcareer.id – Tak dapat dipungkiri, pramugari adalah salah satu pekerjaan yang banyak diidam-idamkan wanita.

Meskipun kelihatan mudah dan menyenangkan, namun pekerjaan ini sebenarnya memiliki banyak tantangan. Terutama yang berkaitan dengan penumpang pesawat.

“Menjadi pramugari itu enggak (cukup) hanya senyum-senyum saja, di situ kita harus bisa mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi selama penerbangan,” ujar pramugari Wulan Oukta kepada Topcareer.id. di kantor Lion Air, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Menjabat sebagai pramugari pesawat Avions de Transport Regional (ATR) maskapai Wings Air, Wulan telah memiliki banyak pengalaman dalam menangani penumpang.

Apalagi maskapainya memiliki rute hingga ke pelosok-pelosok daerah dan hanya mempekerjakan 2 pramugari dan 2 pilot untuk setiap penerbangannya.

“Mulai dari menata dan membantu memasukkan bawaan penumpang yang bermacam-macam ke kabin, sampai mengatasi bermacam-macam karakter penumpang,” katanya.

“Banyak penumpang yang hanya bisa mengerti dan bicara dengan bahasa daerahnya saja dan tidak bisa berbahasa indonesia. Nah, kalo sudah bingung biasanya kita pakai bahasa tubuh untuk berkomunikasi.”

Wulan juga sering menjumpai penumpang yang membuat keributan selama di pesawat.

Dalam keadaan itu ia dituntut untuk bisa menjadi security sementara, dan menangani keadaan sampai pesawat berhasil mendarat.

Wulan menegaskan, seorang pramugari harus memiliki kesabaran lebih serta pendekatan yang personal karena setiap penumpang mempunyai karakteristik-nya sendiri.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply