Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Yuk, Kenali Pekerjaan Asisten Produser pada Program Televisi

Topcareer.id – Asisten produser atau yang biasa kita sebut dengan PA (Production Assistant) adalah pekerjaan yang paling menyibukan di dunia broadcasting.

Bagaimana tidak, karena seorang PA bertugas membantu berbagai kebutuhan berlangsungnya sebuah acara dan membantu kru lain dalam menyelesaikan tugasnya.Yuk, kita cari tahu aja sih kerjanya asisten produser di program infotainment pada media televisi?

Kepada Topcareer.id seorang PA program infotainment Trans 7, Finda Putri mengatakan pekerjaan PA cukup panjang dan melelahkan mulai dari pra produksi, produksi dan pasca produksi.

“Sebelum memulai produksi biasanya PA bertugas menghubungi tim yang terlibat dan mencari materi yang terupdate pada hari itu untuk diedit malam harinya. Saat memulai editing PA harus memastikan materi berupa video yang dibutuhkan sesuai dengan naskah seperti Voice Over (backsound yang sesuai dengan konten apakah itu berita sedih, senang, atau reality artis yg diliput),” ujarnya.

Masih di tahap editing, PA juga harus mampu cekatan merevisi dan preview saat materi sudah siap (sudah diedit) dan PA harus mendampingi produser saat preview materi tayang sebelum masuk proses produksi.

Pada saat pelaksanaan produksi, PA harus menyiapkan rundown, naskah presenter dan mengecek ulang materi tayangan yg sudah.

Finda juga menjelaskan, biasanya setelah proses produksi, PA dan tim mengadakan rapat briefing dan membahas penayangan yang telah dilakukan setelah melaporkan kepada executive producer atau direktur program.

Nah, setelah kamu tahu tentang pekerjaan PA, kamu pasti penasaran dong dengan gajinya? Umumnya gaji untuk PA yang freshgraduate alias baru lulus kuliah sebesar Rp 3,8 juta. Tapi tenang, gaji ini bisa berubah dengan pertimbangan-pertimbangan lain yang diberikan perusahaan. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply