Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Warren Buffett. Guru Investasi Dan Salah Satu pengusaha Terkaya Di Dunia

Topcareer.id – Dikenal sebagai “Oracle of Omaha,” Warren Edward Buffett merupakan soerang tokoh bisnis, investor, dan dermawan Amerika yang menjabat sebagai ketua dan CEO Berkshire Hathaway. Berikut ini kisah sepak terjang Warren Buffet selama hidupnya hingga kini menjadi seorang ahli investasi sukses di dunia.

Lahir di Nebraska, Omaha, Amerika Serikat 30 Agustus 1930. Ayahnya, Howard Buffett, bekerja sebagai pialang saham dan menjabat sebagai anggota kongres A.S. Ibunya, Leila Stahl Buffett seorang ibu rumah tangga. Warren anak kedua dari tiga bersaudara dan satu-satunya anak lelaki. Teman-teman dan kenalannya suka mengatakan bahwa Warren Buffet seorang ahli matematika.

Warren sering mengunjungi toko pialang saham ayahnya saat masih anak-anak. Pada usia 11 tahun ia melakukan investasi pertamanya dengan membeli tiga saham Layanan Kota dengan USD 38 per saham. Stok cepat turun menjadi hanya USD 27, tetapi Buffett bertahan dengan gigih hingga mencapai angka USD 40. Saat itu ia menjual sahamnya dengan laba kecil, tetapi ia menyesali keputusan ketika saham Layanan Kota melonjak hingga hampir USD 200 per saham. Dia mengambil pengalaman ini sebagai pelajaran awal dalam berinvestasi.

Pada usia 13, Warren menjalankan bisnisnya sebagai tukang koran dan menjual lembar pacuan kuda sendiri. Warren bersekolah di Sekolah Menengah Atas Woodrow Wilson di Washington, D.C. Selama masa sekolah ia dan seorang temannya membeli mesin pinball bekas seharga USD 25. Mereka memasangnya di sebuah barber shop. Dalam beberapa bulan keuntungannya mereka bisa membeli mesin lain. Warren akhirnya memiliki mesin di tiga lokasi berbeda sebelum akhirnya dia menjual bisnisnya seharga USD 1.200.

Buffett mendaftar di University of Pennsylvania pada usia 16 tahun untuk belajar bisnis. Setelah dua tahun ia pindah ke Universitas Nebraska untuk menyelesaikan gelarnya, ia lulus kuliah pada usia 20 dengan memiliki tabungan hampir USD 10.000 dari bisnis yang ia jalani sejak kecil.

Tahun 1951 ia menerima gelar master di bidang ekonomi dari Columbia University, di mana ia belajar di bawah ekonom Benjamin Graham. Setelah itu ia melanjutkan pendidikannya di New York Institute of Finance. Warren sempat bekerja untuk mentornya selama dua tahun sebagai analis di Graham-Newman Corp. Warren Buffet kemudian menikahi Susan Thompson pada 1952, dan dikaruniai 3 orang anak yaitu Howard, Susan, dan Peter. Ia berpisah pada tahun 70-an hingga pada 2004 mantan istrinya meninggal. Di tahun 2006 Warren Buffet menikah lagi dengan teman lamanya Astrid Menks hingga sekarang.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply